SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SELONG

Baiq Rizka Amaliyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Amaliyah, Baiq Rizka. 2010. Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Kecerdasan Intelektual (IQ) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Selong. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E, (II) Drs. Prih Hardinto, M.Si.,

 

Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Kecerdasan Intelektual (IQ), Prestasi Belajar

 

Prestasi belajar merupakan hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh siswa dalam periode tertentu. Prestasi belajar akan optimal apabila guru memahami berbagai macam kebiasaan belajar yang dilakukan para siswa dan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) yang dimiliki oleh siswa sebab antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya berbeda.

Kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) merupakan bagian dari faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi yang akan diteliti dalam penelitian ini. Keberhasilan dalam belajar bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual (IQ) saja tetapi juga kebiasaan belajar. Begitu pula dalam kaitannya dengan keberhasilan belajar siswa yang tercermin dalam hasil belajar ekonomi juga tidak lepas dari peranan kecerdasan intelektual (IQ) dan kebiasaan belajar yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kebiasaan belajar siswa dalam mempelajari bidang studi ekonomi di SMA Negeri 1 Selong (2) Bagaimanakah tingkat kecerdasan intelektual (IQ) siswa di SMA Negeri 1 Selong (3) Bagaimanakah tingkat prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Negeri 1 Selong (4) Adakah pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Negeri 1 Selong (5) Adakah pengaruh kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Negeri 1 Selong (6) adakah pengaruh secara simultan kebiasaan belajar siswa dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Negeri 1 Selong.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi ekonomi  di SMA Negeri 1 Selong, berdasarkan tujuan tersebut, maka metode yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Selong semester gasal tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 59 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang tidak menggunakan sample. Jenis rancangan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah rancangan deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kebiasaan belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Selong tergolong cukup. Tingkat kecerdasan intelektual (IQ) siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Selong tergolong rata-rata. Sedangkan tingkat prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Selong tergolong baik. (2) Secara parsial, kebiasaan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, terbukti dari sig t (0.000) < α (0.05). Kecerdasan intelektual (IQ) juga mempengaruhi prestasi belajar ekonomi secara signifikan, terbukti dari sig t (0.000) < α (0.05). (3) Secara simultan, kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig F (0.000) < α (0.05). Nilai R square sebesar 0.565 hal ini berarti variable kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 56.5%, sedangkan sisanya 43.5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Selong memiliki kebiasaan belajar yang tergolong cukup, tingkat kecerdasan intelektual (IQ) yang tergolong rata-rata, dan tingkat prestasi belajar ekonomi siswa yang tergolong baik. Secara parsial dan simultan ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Selong. Oleh karena itu peneliti sarankan kepada kalangan pendidik agar tidak hanya terpaku pada kecerdasan intelektual (IQ) sebagai penentu keberhasilan pendidikan, karena faktor lain seperti kebiasaan belajar juga menentukan keberhasilan pendidikan.