SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA KELAS X SMA NEGERI PADA PEMILIHAN JURUSAN (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 3 MALANG)

Elza Septiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Septiana, Elza. 2011.  Analisis Faktor-faktor yang mempengruhi Minat Siswa Kelas X SMA Negeri pada Pemilihan Jurusan (Studi Kasus pada Siswa SMA Negeri 3 Malang).  Skripsi, Program Studi  Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sapir, S.Sos, M.Si, (II) Dr. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si.

 

Kata kunci: faktor internal, faktor eksternal, dan minat.

 

Penjurusan merupakan proses yang harus dilalui oleh siswa kelas X SMA yang hendak naik ke kelas XI. Minat merupakan suatu kesukaan atau ketertarikan terhadap sesuatu. Minat seorang siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor dari dalam diri sendiri (faktor internal) ataupun dari pihak luar (faktor eksternal). Faktor internal tersebut ialah bakat dan cita-cita, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, teman sebaya, dan masyarakat. Sehingga, secara langsung atau tidak minat siswa pada salah satu jurusan dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut.

Tujuan penelitian tersebut ialah untuk mengetahui pengaruh dari faktor internal dan eksternal terhadap minat siswa kelas X reguler SMA Negeri 3 Malang pada pemilihan jurusan, baik secara parsial ataupun simultan. Populasi penelitian tersebut ialah siswa kelas  X reguler SMA Negeri 3 Malang yang berjumlah 260 siswa dengan sampel sebesar 149 siswa. Pengambilan sampel penelitian tersebut menggunakan teknik probability sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif dan regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel faktor internal (X1) dan faktor eksternal (X2) memiliki tingkat signifikansi kurang dari alpha  (0,005) pada uji t, yaitu masing-masing dengan nilai 0,000. Sedangkan nilai signifikansi pada uji F ialah sebesar 0,000, kurang dari nilai  alpha  (0,005). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Faktor Internal (X1) dan Faktor Eksternal (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap minat siswa kelas X reguler SMA Negeri 3 Malang pada pemilihan jurusan.

Saran yang dapat direkomendasikan  ialah bagi guru dan sekolah untuk memperhatikan faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam memilih jurusan, sehingga siswa dapat diarahkan pada pilihan jurusan yang tepat. Sedangkan bagi siswa, supaya menyelaraskan antara faktor internal dan  eksternal supaya memperoleh keputusan jurusan yang tepat sehingga dapat membantu dalam pembelajaran selanjutnya dan cita-cita siswa.