SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MOTIVASI, PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 PARE

LINDA PATMAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Patmawati, Linda. 2011. Pengaruh Motivasi, Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Ketersediaan Fasilitas Belajar di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Pare. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto, M.Si, Pembimbing (II) Dr. Agung Haryono, S.E. M.P.Ak

 

Kata Kunci : motivasi, media pembelajaran, fasilitas belajar di rumah, prestasi belajar.

 

Kemajuan kehidupan masyarakat suatu bangsa sangat ditentukan oleh kemajuan dalam dunia pendidikan. Dimana pendidikan merupakan proses pendewasaan diri seseorang. Melalui pendidikan akan tercipta perubahan tingkah laku seseorang yaitu dari sebelumnya tidak bisa menjadi bisa dan tidak mengerti menjadi mengerti. Pendidikan tidak lepas dari kegiatan belajar. Dimana diakhir kegiatan belajar akan diketahui berhasil atau tidakkah kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dalam bentuk prestasi belajar. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, yaitu faktor internal yang meliputi minat, motivasi, perhatian siswa, intelegensi, dan potensi lain yang ada dalam diri siswa. Faktor eksternal yang meliputi penggunaan media pembelajaran, fasilitas belajar di rumah, fasilitas belajar di sekolah, peran guru, orang tua dan penghargaan. Motivasi merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, dimana tanapa adanya motivasi, siswa tidak akan memiliki dorongan dalam diri untuk belajar. Dari aspek eksternal yaitu pemanfaatan media pembelajaran dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah. Dengan beragamnya media yang digunakan, maka diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi, kecerdasan intelektual, dan dapat mengembangkan diri serta mengikuti perkembangan iptek tang semakin canggih dan dengan ketersediaan fasilitas belajar di rumah yang memadai maka siswa akan dapat belajar di rumah dengan optimal.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) motivasi belajar siswa, (2) pemanfaatan media pembelajaran, (3) ketersediaan fasilitas belajar di rumah, (4) prestasi belajar siswa, (5) ada tidaknya pengaruh motivasi, pemanfaatan media pembelajaran dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar secara simultan, (6) ada tidaknya pengaruh motivasi, pemanfaatan media pembelajaran dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar secara parsial.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Pare dengan populasi berjumlah 89 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara mengambil semua jumlah populasi sebagai sampel karena jumlah responden kurang dari 100 . Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa (1) siswa kelas XI IPS di SMAN 2Pare memiliki motivasi belajar yang tinggi dengan prosentase 57,30%. (2) siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Pare memilki persepsi tentang pemanfaatan media pembelajaran yang tinggi sebesar 58,40%.(3) siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pare memiliki tingkat ketersediaan fasilitas belajar di rumah yang baik,dengan presentase 47,11%.(5) terdapat pengaruh  yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. (6) terdapat pengaruh  yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. (7) terdapat pengaruh yang signifikan antara ketersediaan fasilitas belajar di rumah dengan prestsi belajar siswa. (8) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi, pemanfaatan media pembelajaran dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pare.

Bagi peneliti berikutnya yang ingin hal yang sama, bisa menggunakan variabel lain di luar variabel motivasi belajar, pemanfaatan media pembelajaran dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah yang mempengaruhi prestasi belajar. Dan juga dengan menambahkan instrumen yang digunakan dalam penelitian. Diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih akurat, beragam dan bervariasi sebagai tambahan dalam penelitian berikunya.