SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEPEMIMPINAN, KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI

Danny Koerniawan Pamungkas

Abstrak


ABSTRAK

 

Pamungkas, Danny Koerniawan. 2010. Pengaruh Kepemimpinan, Kemampuan Berkomunikasi Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII  SLTP N 2 Rogojampi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Prih Hardinto, M.Si (2) Dwi Wulandari, SE, MM.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kemampuan Berkomunikasi, Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar.

 

Motivasi belajar adalah segala keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendakai dapat tercapai, agar motivasi siswa tetap terjaga, kepemimpinan, Kemampuan Berkomunikasi Guru dan Lingkungan Belajar sangat berpengaruh.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII pada SLTP N 2 Rogojampi tahun ajaran 2010/2011. Variabel yang diangkat dalam penelitian ini meliputi Kepemimpinan, Kemampuan berkomunikasi dan Lingkungan Belajar sebagai variabel bebas, serta motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat.

Penelitian ini dilakukan di SLTP Negeri 2 Rogojampi  dengan responden siswa kelas VIII sebagai populasinya. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik Propotional Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 69 responden.

Metode Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16 dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil analisis regresi linier berganda Y   = 13,843 + 0,242X1 + 0,277X2 + 0,064X3 , uji persamaan regresi parsial dengan uji t diperoleh t hitung  sebesar 3,764 dengan signifikansi 0,000