SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISA PERANAN SEKTOR PARIWISATA DALAM PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KABUPATEN MALANG TAHUN 2007 - 2009

DEWI KURNIAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

 

KURNIAWATI, DEWI. ANALISA PERANAN SEKTOR PARIWISATA DALAM PENYERAPAN TENAGA KERJA DI KABUPATEN MALANG TAHUN 2007 - 2009

 

Kata kunci : Sektor Pariwisata, tenaga kerja, PDRB

 

Salah satu sektor yang berperan dalam pembangunan di Indonesia sekaligus memberikan kontribusi yang cukup besar baik dalam hal perolehan devisa maupun penciptaan kesempatan kerja adalah sektor pariwisata. Sektor pariwisata merupakan salah satu instrumen yang sangat efektif dalam upaya mendorong pembangunan daerah, pemberdayaan masyarakat serta menanggulangi kemiskinan. Sektor pariwisata diyakini merupakan salah satu sektor yang mampu berperan untuk mewujudkan tujuan tersebut. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sektor pariwisata di kabupaten Malang, untuk mengetahui peranan sektor pariwisata terhadap penyerapan tenaga kerja di kabupaten Malang dan untuk menganalisa strategi sektoral yang tepat guna mengembangkan sektor pariwisata yang ada untuk mendukung tercapainya pertumbuhan ekonomi kabupaten Malang.

Penelitian ini dilakukan di kabupaten Malang dengan data tahun 2007 - 2009. Analisis yang digunakan adalah analisis tipologi klassen untuk mengetahui peranan sektor pariwisata dalam penyerapan tenaga kerja dilihat dari PDRB dan analisis SWOT untuk mencari faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam proses perkembangan pariwisata kabupaten Malang dan menentukan strategi yang tepat untuk mengembangkannya.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan pariwisata kabupaten Malang masih tergolong taraf nasional, sektor pariwisata tidak terlalu besar peranannya dalam penyerapan tenaga kerja karena sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja di kabupaten Malang adalah sektor industri pengolahan dan proses perkembangannya masih didominasi oleh faktor kelemahan dan hambatan sehingga strategi yang tepat adalah strategi defensif.

Berdasar hasil penelitian dapat disarankan dengan memasukkan objek wisata di kabupaten Malang ke dalam event - event atau festival kebudayaan dan diharapkan status kepariwisataan di Kabubaten Malang dapat meningkat ke taraf  internasional, membentuk usaha - usaha wisata baru yang dapat menarik wisatawan dan menciptakan lapangan usaha baru, mengadakan promosi dan memperbanyak usaha wisata dan memperbaiki sarana dan prasarana pendukung wisata khususnya di daerah terpencil.