SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) MELALUI METODE KOOPERATIF TEKNIK PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MALANG

ni'matul istiqomah

Abstrak


ABSTRAK

 

Istiqomah, Ni’matul. 2010. Penerapan Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Melalui Metode Kooperatif Teknik Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sapir, S. Sos., M. Si, (II) Dr. Imam Mukhlis, SE., M. Si.

 

Kata Kunci: Contextual Teaching Learning (CTL), Metode Kooperatif, Picture And Picture, Hasil Belajar

Dalam pembelajaran yang terjadi di sekolah atau khususnya di kelas, guru adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas hasilnya. Dengan demikian, guru patut dibekali dengan evaluasi sebagai ilmu yang mendukung tugasnya, yakni mengevaluasi hasil belajar siswa. Dalam hal ini guru bertugas mengukur apakah siswa sudah menguasai ilmu yang dipelajari oleh siswa atas bimbingan guru sesuai dengan tujuan yang dirumuskan. Penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) metode kooperatif teknik picture and picture didasarkan bahwa siswa akan lebih dapat belajar dengan baik berdasarkan pada pengetahuan lingkungan sekitar dan pembelajaran secara berkelompok. Penggunaan teknik picture and picture dapat merangsang siswa untuk dapat merangsang pengetahuan melalui teknik visual.

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Cotextual Teaching Learning (CTL) matode kooperatif teknik picture and picture pada kelas VIII E SMP Negeri 12 Malang, (2) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) metode kooparatif  teknik picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII E SMP Negeri 12 Malang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan resived plan.teknik pengumpulan data hasil belajar kognitif adalah dengan tes hasil belajar. Hasil belajar afektif peningkatannya diukur melalui observasi dan angket siswa. Sedangkan hasil belajar psikomotor diukur melalui observasi dan angket siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) metode kooperatif teknik picture and picture meningkatkan hasil belajar siswa dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil belajar rata-rata kognitif pre test pada siklus I sebesar 43,9% dan pada post test sebesar 80,4%. Hasil belajar rata-rata kognitif pada pre test siklus II adalah sebesar 66,9% dan pada post test sebesar 86%.

Hasil belajar afektif metode observasi pada siklus I sebesar 70,92% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,6%. Pada metode angket afektif siswa yang tuntas sebesar 48,6% dan pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 89,1%. Pada hasil belajar psikomotor metode observasi hasil belajar siswa siklus I sebesar 77,4% dan meningkat menjadi 81,3% pada siklus II. Pada metode angket psikomotor, hasil belajar psikomotor siswa yang belum tuntas menunjukkan persentase sebesar 63,9% dan pada siklus II siswa yang tuntas menunjukkan hasil sebesar 91,7%.

Saran yang diberikan kepada sekolah disarankan untuk mencoba pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) metode kooperatif teknik picture and picture. Saran bagi guru mata pelajaran IPS Ekonomi yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Ekonomi secara khusus pada materi kebutuhan dan kelangkaan sumber daya untuk meningkatkan hasil belajar disarankan menerapakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) metode kooperatif teknik picture and picture jika keadaan permasalahan sama dengan yang diuraikan pada latar belakang penelitian ini. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti tentang teknik pembelajaran picture and picture diharapkan dapat mencobanya dengan pendekatan dan metode pembelajaran lain.