SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompetensi Guru Ekonomi, Gaya Belajar Siswa dan Lingkungan Sekolah Terhadap hasil Belajar Siswa SMA Islam Al Ma'arif Singosari Pada Bidang Studi Ekonomi

Luluk Nur Wasilah Zahrotul Ihwani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ihwani, Luluk Nur Wasilah Zahrotul. 2011. Pengaruh Kompetensi Guru Ekonomi, Gaya Belajar Siswa dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Islam Al Ma'arif Singosari Pada Bidang Studi Ekonomi. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si, (II) Dr. Hadi Sumarsono, S.T.,M.Si

 

Kata Kunci: kompetensi guru ekonomi, gaya belajar, lingkungan sekolah dan hasil  belajar

 

Banyak factor yang mempengaruhi proses belajar siswa. Factor-faktor tersebut terbagi dalam dua macam factor, yaitu factor intern dan ekstern. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Slameto (2003:54) yang menyatakan bahwa " Factor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar digolongkan menjadi dua yaitu factor intern dan ekstern. Factor intern meliputi factor jasmaniah, factor psikologis, factor kelelahan, sedangkan factor ekstern meliputi factor keluarga, factor sekolah dan factor masyarakat. Dimyati (247-248:2006) menyatakan bahwa proses belajar mengajar didorong oleh factor intrinsic siswa. Disamping itu proses belajar mengajar juga dapat terjadi, atau menjadi bertambah kuat, bila didorong oleh lingkungan siswa dan program pembelajaran sebagai rekayasa pendidikan guru di sekolah yang merupakan bagian dari factor ekstern. Dari factor intern, sebagian dari hal yang berpengaruh pada belajar, menurut Biggs & Tefler dan Winkel (dalam Dimyati, 238:2006), adalah ciri khas pribadi, minat kecakapan, pengalaman, dan keinginan belajar. Menyimak pendapat dari Biggs & Tefler dan Winkel, yang dimaksud dari pendapat tersebut tidak lain adalah cara konsentrasi belajar siswa dan cara mengolah bahan belajar, yang keduanya dapat diistilahkan sebagai gaya belajar siswa. Dalam penelitian ini hanya dibahas beberapa factor eksternal dan internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah unutk mengetahui seberapa pengaruh kompetensi guru ekonomi, gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI dan XII IPS pada bidang studi ekonomi di SMA Islam Al Ma'arif Singosari baik secara parsial maupun simultan.

Hipotesis yang diajukan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Islam Al Ma'arif Singosari; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Islam Al Ma'arif Singosari; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Islam Al Ma'arif Singosari; (4) Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru ekonomi, gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Ekonomi.

Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al Ma'arif Singosari dengan populasi siswa kelas XI dan XII IPS yang keseluruhan berjumlah 154 dan diambil sampel sebanyak 26% atau sebanyak 40 siswa. Intrumen yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Data analisis dengan teknik persentase, korelasi dan regresi dengan bantuan komputer program excel dan SPSS 16.0 for windows.

Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan kompetensi guru ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa di  SMA Islam Al Ma'arif singosari;(2) Ada pengaruh yang signifikan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa di  SMA Islam Al Ma'arif singosari;(3) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa di  SMA Islam Al Ma'arif singosari;(4) Ada pengaruh yang signifikan kompetensi guru ekonomi, gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa di  SMA Islam Al Ma'arif singosari

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kompetensi guru ekonomi, gaya belajar siswa dan lingkungan sekolah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA Islam Al Ma'arif Singosari. Saran dari penelitian ini adalah: (1) Bagi pihak sekolah diharapkan untuk terus lebih meningkatkan kompetensi guru dan terus meningkatkan kualitas lingkungan sekolah sehingga siswa lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar siswa akan terus meningkat, (2) Bagi guru diharapkan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki agar hasil belajar siswa dapat terus meningkat, (3) Bagi siswa SMA Islam Al Ma'arif Singosari, khususnya siswa kelas XI dan XII IPS untuk memaksimalkan gaya belajar yang mereka miliki, dan kemudian melatihkan penggunaanya secara fleksibel sehingga efektifitas belajar dapat tercapai.