SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Fasilitas Belajar dan Kompetensi Guru Ekonomi terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI IS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Soraya Mei Lina

Abstrak


ABSTRAK

 

Mei L, Soraya.2010.Pengaruh Persepsi Siswa tentang Fasilitas Belajar dan Kompetensi Guru Ekonomi terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI IS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomoni Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Sugeng Hadi Utomo, M.Ec, (II) Farida Rahmawati, S.E., M.E.

 

Kata Kunci: fasilitas belajar, kompetensi guru ekonomi, prestasi belajar

Berdasarkan observasi awal dan wawancara informal yang dilakukan pada bulan Agustus 2010 dengan pihak sekolah seperti TU, dan Guru di  SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang diketahui bahwa pemanfaatan fasilitas belajar masih belum dimanfaatkan dengan maksimal. Di SMA Laboratorium tersebut sidah terdapat fasilitas belajar yang menunjang kegiatan belajar mereka namun pada pengamaatan awal diketahui masih belum dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran. Fasilitas yang dimaksud bukan hanya fasilitas di sekolah saja namun juga fasilitas di rumah yang menunjang kegiatan belajar siswa. Guru di SMA Laboratorium UM sendiri memiliki kompetensi yang belum bisa dinyatakan maksimal. Hal itu didasarkan pada pengamatan peneliti awal bahwa pengajaran di sana belum maksimal dilihat dari cara mengajar Guru dan kehadiran Guru dalam kegiatan pembelajaran. Ekonomi merupakan pelajaran yang bersifat menghafal dan menganalisis sehingga dibutuhkan fasilitas belajar yang menunjang serta profesional seorang guru supaya tercapai tujuan pembelajaran.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Laboratorium Universitas Negeri Malang, dengan subjek siswa kelas XI IS. Pemilihan kelas XI IS karena pada dasarnya kelas XI sudah merasakan fasilitas belajar selama berada di kelas X serta pernah di ajar oleh ketiga Guru yang akan diteliti.Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif di mana dalam penelitian ini menjabarkan satu persatu variabelnya dan untuk melihat pengaruhnya pada tiap variabel dalam bentuk angka-angka. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk melihat apakah ada pengaruh yang signifikan antar fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, 2) Untuk melihat apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar dan 3) Untuk melihat apakah ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar, kompetensi guru ekonomi terhadap prestasi belajar.

Pada penelitian ini, fasilitas belajar berpengaruh 43,7% terhadap prestasi belajar, kompetensi guru ekonomi berpengaruh 48,4% terhadap prestasi belajar, kemudian fasilitas belajar dan kompetensi guru ekonomi berpengaruh 52,1% terhadap prestasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar, kompetensi guru ekonomi berpengaruh terhadap prestasi belajar.