SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING YANG DIPADUKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Study Pada Siswa Kelas VIII-F

evi fauziawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauziawati, Evi. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif  dengan Menggunakan Model Pembelajaran  Mind Mapping yang Dipadukan dengan Model Pembelajaran Questioning sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII- F Di SMP Negeri 12 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Agung Haryono, S.E, M.P.Ak, (II) Drs. H. Achmad Ali Wafa M.Pd.

 

Kata kunci : mind mapping, questioning, kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar

Pendidikan merupakan usaha untuk mencapai hakikat kehidupan. Dengan pendidikan seseorang akan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bermasyarakat. Oleh karena itu, pendidikan bersifat dinamis sesuai perkembangan zaman. Perombakan dalam pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan.  Salah satu rasionalisasi perombakan pendidikan ini antara lain pemberlakuan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Pelaksanaan KTSP sudah mengubah salah satu paradigma dalam pembelajaran yaitu pembelajaran, dari yang bersifat teacher centered menjadi student centered dengan penggunaan strategi pembelajaran yang menyenangkan (aktif, kreatif dan efektif) agar pengetahuan dan keterampilan yang diberikan pengajar dapat menjadi milik siswa. Guru sebagai tenaga profesional dituntut untuk mampu mengambil andil dalam pelaksanaan perobakan pendidikan yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan (aktif, kreatif dan efektif) sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Strategi pembelajaran tersebut menempatkan posisi guru di belakang layar bertugas mengarahkan dan membantu, bukan menuntun dan menunjukkan. Sehingga penggunaan strategi yang tepat akan menentukan siswa dapat menerima ilmu dengan baik ataukah siswa akan berada di dalam kelas dengan kondisi duduk, diam dan tidak mendapatkan apa-apa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif  model pembelajaran  Mind Mapping yang dipadukan dengan model pembelajaran Questioning pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII-F di SMP Negeri 12 Malang (2) Untuk Mengetahui adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran  Mind Mapping yang dipadukan dengan model pembelajaran Questioning pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII-F di SMP Negeri 12 Malang (3) Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran  Mind Mapping yang dipadukan dengan siswa setelah diterapkan model pembelajaran  Mind Mapping yang dipadukan dengan model pembelajaran Questioning pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII-F di SMP Negeri 12 Malang

Untuk memecahkan permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif  yang digunakan untuk mendapatkan arahan secara jelas dan nyata tentang peristiwa yang tampak selama proses belajar mengajar dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang terdiri dari empat fase, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Lokasi dalam penelitian ini adalah di SMP Negeri 12 Malang, yang terletak di jalan  S. Supriyadi No. 49 Malang. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-F yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan, SMP Negeri 12 Malang. Alat pengumpul data yang digunakan antara lain soal tes, lembar observasi, angket untuk siswa, lembar catatan lapangan dan pedoman wawancara. Hasil analisis peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I kemampuan membuat pertanyaan siswa sudah pada kategori baik yaitu dengan pencapaian rata-rata 66.03. Pada siklus II, kemampuan bertanya siswa sudah mengalami peningkatan, sebesar 16.23%, yaitu dengan nilai rata-rata 80.3. Analisis kemampuan menjawab siswa dengan nilai rata-rata kelas hanya mencapai 64,07 pada siklus I. Dan pada siklus II naik menjadi 74,4dengan kenaikan 10.33%. Hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan yang cukup baik, yaitu dari 40 siswa dihasilkan nilai rata-rata 68,55 pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil test siswa adalah 82,82. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I akumulasi nilai pretest sebelum diterapkan model 55.252 dan meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 72.1.

Dari penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model pembelajaran  Mind Mapping yang dipadukan dengan model pembelajaran Questioning pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII-F di SMP Negeri 12 Malang (2) Ada peningkatan kemampuan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model pembelajaran  Mind Mapping yang dipadukan dengan model pembelajaran Questioning pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII-F di SMP Negeri 12 Malang. Beberapa saran yang dikemukakan antara lain (1) untuk SMPN 12 Malang diharapkan dapat dijadikan pertimbangan untuk diterapkan pada mata pelajaran yang lain; (2) untuk guru IPS diharapkan dapat bermanfaat untuk menambah referensi dalam pembelajaran;(3) bagi peneliti dapat dijadikan sebagai alternatif untuke mengajar nantinya; (4) untuk siswa dapat dijadikan sebagai pengalaman belajar untuk terus mengasah kekreatifitasan dan kemampuan berfikir kritisnya; (5) Untuk Universitas Negeri Malang (State university of  Malang) dapat digunakan sebagai referensi dalam karya ilmiah selanjuttnya