SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penggunaan Model TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Malang

yuliya Eka Prawisudawati

Abstrak


ABSTRAK

Prawisudawati, Yuliya Eka. 2010. Efektivitas Penggunaan Model TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Achmad Ali Wafa, (II) Drs. Prih Hardinto, M.Si

 

Kata Kunci :  Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar

            Pembelajaran kooperatif adalah salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk menstimulus siswa agar terlibat secara aktif  dalam pembelajaran. Pembelajaran kooperatif mampu menciptakan pembelajaran yang dapat mengajak siswa satu dan siswa yang lainnya saling berinteraksi serta aktif dalam bertukar pengetahuan dalam kelompok untuk meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament ). Dalam pembelajaran model ini siswa tidak hanya mendengarkan guru yang sedang mengajar yang sering kali membuat siswa bosan dan bahkan menjadi pasif, tetapi di TGT ini siswa diajarkan untuk mengeluarkan pendapat dan melatih kemampuan siswa yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar dalam pelajaran ekonomi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan cara merubah paradigma pembelajaran, dari pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) ke arah pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif.

            Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasy eksperimen, dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Malang sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-10 sebagai kelas kontrol. Dua kelas penelitian ini mendapatkan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen mendapat perlakuan model TGT sedangkan kelas control mendapatkan perlakuan ceramah.

            Dari hasil penelitian diketahui bahwa kelas eksperimen mendapatkan hasil belajar lebih baik dari kelas control. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar. beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan, yaitu : (1) Guru mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 7 Malang, disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi pelajaran yang lain dikarenakan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). 2) Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), guru perlu mengatur waktu, mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat, sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efesien.