SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONOMI BERBASIS CERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011 DI SMP NEGERI 03 BATU

Rizky Rahmita Airindah

Abstrak


ABSTRAK

 

Airindah, Rizky  Rahmita.  2010. Pengembangan  Bahan  Ajar  Ekonomi  Berbasis Cerita untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas VII Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011 di SMP Negeri 03 Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas  Negeri Malang.  Pembimbing:  (I)  Dr.  Agung  Haryono,  S.E., M.P.Ak, (II) Drs. Moch. Ichsan, S.E., M.Pd., M.Si.

 

Kata kunci : bahan ajar, ekonomi, cerita

 

Sejak  diberlakukannya  Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  (KTSP), guru dituntut  lebih kreatif dalam mengembangkan bahan ajar yang beragam, dan menarik.  Kreatifitas  ini  akan membantu  pelaksanaan  kegiatan  belajar mengajar (KBM) sehingga akan menghasilkan KBM yang bermakna (Koran Banten, 2009).

Bahan  ajar  merupakan  informasi,  alat  bantu  dan  teks  yang  diperlukan guru/instruktor  untuk  perencanaan  dan  penelaahan  implementasi  pembelajaran. Dengan adanya bahan ajar, akan memungkinkan  siswa untuk dapat mempelajari suatu kompetensi maupun kompetensi dasar secara runtut dan sistematis sehingga secara akumulatif mampu menguasai semua kompetensi secara utuh dan terpadu.

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  (1)  Mengukur  kelayakan  bahan  ajar  yang dikembangkan  bagi  siswa  SMP  kelas VII  semester  ganjil,  (2) Efektifitas  bahan ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VII. 

Jenis penelitian  ini adalah penelitian pengembangan produk yang berupa bahan ajar ekonomi dan diuji cobakan kepada siswa SMP Negeri 03 Batu. Model yang  digunakan  dalam  pengembangan  bahan  ajar  ini  adalah  model  konseptual karena bersifat  analitis  yang memberikan komponen-komponen bahan  ajar yang akan dikembangkan  serta keterkaitan  antar komponen. Penelitian  ini melibatkan dua  orang  dosen  Pendidikan  Ekonomi Universitas  Negeri Malang  dan  seorang guru Ekonomi SMP Negeri 03 Batu sebagai subyek ahli yang memvalidasi  teknik analisis bahan ajar, serta kelas VIIH yang menjadi subyek uji coba bahan ajar ini.

Hasil  penelitian  ini  adalah:  (1) Mengukur  hasil  setiap  bagian  dari  bahan ajar ini, sehingga pada dasarnya tidak perlu melakukan revisi dan dianggap layak. Namun,  penyusun  masih  tetap  harus  melakukan  perbaikan-perbaikan  di  setiap bagian  bahan  ajar,.(2).  Hasil  dari  subyek  uji  coba,  didapatkan  bahwa  hipotesis dalam  penelitian  ini,  yaitu  terdapat  perbedaan  nilai  ujian  kelas  VIIG  dan  nilai ujian kelas VIIH diterima. artinya bahwa ada perbedaan nilai ujian kelas VIIG dan kelas VIIH.  Untuk  rata-rata  (mean)  untuk  kelas VIIH  sebesar  77,35  dan  untuk kelas  VIIG  sebesar  71,19,  artinya  bahwa  rata-rata  ujian  kelas  VIIH  yang mendapatkan  perlakuan  penerapan  bahan  ajar  lebih  tinggi  daripada  kelas  VIIG yang  tidak mendapatkan  penerapan  bahan  ajar.  Perbedaan  rata-rata  kelas  VIIH dan  kelas VIIG  (mean  difference)  sebesar  6,167  (hasil  selisih  dari  77,35-71,19) dan  perbedaan  berkisar  1,198  sampai  11,137  jika  dilihat  dari  lower  dan  upper. Namun,  jika  dianalisis  satu  per  satu  jika  dilihat  dari  nilai  KKM  (Kriteria Ketuntasan Minimal),  pada  kelas VIIH  terdapat    8  siswa  yang  belum mencapai KKM. Sedangkan pada kelas VIIG terdapat 12 siswa yang tidak mencapai KKM. Sehingga  dapat  dilihat  bahwa  bahan  ajar  ini  cukup  efektif  untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : (1) bahan ajar ini  layak untuk dikembangkan bagi  siswa kelas VII  semester ganjil  tahun ajaran 2010/2011 di SMP Negeri 03 Batu, (2) bahan ajar yang dikembangkan ini efektif untuk meningkatkan  hasil  belajar  siswa  kelas  VII  semester  ganjil  tahun  ajaran 2010/2011 di SMP Negeri 03 Batu.

Adapun saran yang dapat disampaikan penulis adalah  sebagai  berikut:  (1)  Sebaiknya  jika  menerapkan  bahan  ajar  ini,  guru diharapkan  juga  dapat  menciptakan  suasana  belajar  yang  menyenangkan  dan membangkitkan  semangat  siswa  untuk  aktif  dalam  proses  belajar  dan pembelajaran, (2) Bahan ajar ini hanya ditujukan untuk siswa kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2010/2011, diharapkan untuk produk serupa dengan bahan ajar ini dapat melakukan pengembangan untuk kalangan yang  lebih  luas,  tidak hanya terbatas pada kelas VII semester ganjil 2010/2011 saja, dan (3). Hendaknya untuk penelitian  dan  pengembangan  bahan  ajar  berikutnya,  para  peneliti  dan pengembang  berikunya  dapat memasukkan  lebih  banyak  karakter  agar  semakin banyak pula karakter positif yang dapat terbentuk pada diri siswa (peserta didik), (4).  Untuk  penelitian  dan  pengembangan  bahan  ajar  selanjutnya,  sebaiknya peneliti dan pengembang menerapkan bahan ajarnya ke dalam penelitian tindakan kelas (PTK), agar dapat diketahui pada materi mana sajakah pada bahan ajar yang efektif  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  secara  lebih  rinci,  (5).  Dengan melihat  kelebihan  dan  kekurangan  bahan  ajar  ini,  sebaiknya  guru  dapat memperbaiki kekurangan dan mempertahankan kelebihan yang ada, bahkan dapat meningkatkan pengembangan bahan ajar yang lebih dari bahan ajar ini.