SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Intelegensi, Motivasi Berprestasi, Lingkungan Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang

Linda Wulan Prihantini

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulan, Prihantini, Linda. 2010. Pengaruh Intelegensi, Motivasi Berprestasi, Lingkungan Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Prih Hardinto, M.Si, (II) Dra. Hj. Lisa Rokhmani, M.Si.

 

Kata Kunci : Intelegensi, Motivasi Berprestasi, Lingkungan Belajar, Fasilitas  Belajar, dan Prestasi Belajar Ekonomi.

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan, perubahan dan pembaharuan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan. Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan adalah prestasi belajar siswa. Faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor interen (kesehatan, intelegensi dan bakat, motivasi dan  minat, cara belajar) dan faktor eksteren (keluarga, sekolah, masyarakat, lingkungan sekitar).  Sehingga faktor intelegensi, motivasi berprestasi, lingkungan belajar dan fasilitas belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah intelegensi berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang ? 2) Apakah motivasi berprestasi berpengaruh terhadap prestasi belajar  ekonomi siswa kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang ? 3) Apakah lingkungan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi  siswa kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang ? 4) Apakah fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang ? 5) Apakah  intelegensi, motivasi berprestasi, lingkungan belajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang ?.

Dalam penelitian ini sampel di diambil dengan teknik pemilihan random sampling atau sampel random dari siswa kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 32 siswa yang terbagi dalam empat kelas yaitu kelas XII Ilmu Sosial 1, Ilmu Sosial 2, Ilmu Sosial 3, Ilmu Sosial 4. Variabel yang dikaji yaitu variabel independen yang terdiri dari intelegensi, motivasi berprestasi, lingkungan belajar dan fasilitas belajar. Sedangkan variabel dependennya adalah prestasi belajar ekonomi. Metode pengumpulan data menggunaka observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik inferensial yaitu regresi berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh antara intelegensi, motivasi, lingkungan belajar, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolonieritas, autokorelasi, heterokedastisitas dan normalitas serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji f.

Hasil penelitian yang dianalisis melalui uji asumsi klasik di ketahui tidak ada multikolonieritas, tidak ada autokorelasi, tidak ada heterokedastisitas dan data berdistribusi normal. Sedangakan hasil melalui uji hipotesis yaitu uji t dan uji f di ketahui tingkat signifikan (0,044) < 0,05 maka: H0 ditolak Ha diterima (intlegensi), tingkat signifikan (0,109) > 0,05 maka: H0 diterima Ha ditolak (motivasi berprestasi), tingkat signifikan (0,264) > 0,05 maka: H0 diterima Ha ditolak (lingkungan belajar), tingkat signifikansi (0,102) > 0,05  H0 diterima Ha ditolak (fasilitas belajar), tingkat signifikan (0,049) < 0,05 maka: H0 ditolak Ha diterima (intelegensi, motivasi, lingkungan belajar, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa) semuanya pada taraf alpha 5%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara intelegensi dengan prestasi belajar ekonomi kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2010/2011. Dengan hasil analisis dengan nilai signifikan 0,044; ( 2)Tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar ekonomi kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2010/2011. Dengan hasil analisis dengan nilai signifikan 0,109; (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan  belajar dengan prestasi belajar ekonomi kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2010/2011. Dengan hasil analisis dengan nilai signifikan 0,264; (4) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar ekonomi kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2010/2011. Dengan hasil analisis dengan nilai signifikan 0,102; (5) Ada pengaruh yang signifikan antara intelegensi, motivasi berprestasi, lingkungan belajar dan fasilitas belajar dengan prestasi belajar ekonomi kelas XII Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2010/2011. Dengan hasil analisis dengan nilai signifikan 0,049.

              Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi kepala sekolah, sekolah hendakanya  memberikan fasilitas yang baik untuk menunjang aktivitas pembelajaran agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswanya. Bagi guru mata pelajaran ekonomi khususnya dan bagi guru pada umumnya, guru di harapkan mampu menumbuhkan  motivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi bukan hnya berorentasi pada SKM, serta menghimbau siswanya untuk memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik – baiknya guna menunjang proses pembelajaran. Bagi para siswa hendaknya dapat memotivasi dirinya sendiri untuk berprestasi meskipun memilki intelegensi rendah, karena dengan motivasi yang tinggi akan mampu meningkatkan prestasi belajar. Atur waktu sebaik mungkin untuk belajar, sehingga meskipun aktif  dalam  kegiatan  baik di lingkungan sekolah atau  masyarakat tetap bisa berprestasi sealain itu  fasilitas  yang ada hendaknya dapat menujang kegiatan pembelajaran guna meningkatkan prestasi belajar.