DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Pembelajaran Berbantuan Komputer Materi Sudut Pada Ruang Dimensi Tiga untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Ngantang Kab. Malang. (Tesis)

Shinta Wulandari

Abstrak


Berawal dari adanya kesenjangan yang ada antara kondisi ideal dan kondisi real berkaitan dengan pembelajaran materi sudut pada bangun ruang, yaitu (1) Belum dimanfaatkannya komputer untuk pembelajaran matematika, padahal sebagian besar SMA telah tersedia komputer dan dengan kelebihan yang dimiliki komputer seharusnya saat ini komputer sudah dimanfaatkan untuk pembelajaran secara optimal, (2) Belum tersedianya paket PBK materi sudut pada bangun ruang sebagai alternatif pembelajaran matematika, padahal saat ini sudah tersedia perangkat lunak yang dapat memvisualisasikan gambar yang disertai dengan animasi yang menarik, (3) adanya kesulitan siswa untuk memahami materi sudut pada bangun ruang tanpa bantuan media lain dan terbatasnya jam belajar di kelas maka pengembangan paket pembelajaran sudut pada ruang dimensi tiga dibuat. Pengembangan ini bertujuan untuk menyediakan paket pembelajaran sudut pada ruang dimensi tiga memanfaatkan komputer yang dapat dimanfaatkan untuk belajar mandiri siswa di SMA Negeri 1 Ngantang Kabupaten Malang sehingga kesulitan siswa dalam belajar sudut pada ruang dimensi tiga dapat diminimalkan.

Paket pembelajaran dikembangkan berdasarkan tahapan Alessi dan Trollip yang terdiri dari 10 tahapan yaitu (1) menentukan tujuan dan kebutuhan, (2) mengumpulkan bahan acuan, (3) mempelajari materi, (4) mengembangkan ide (brainstorming), (5) mendesain pelajaran, (6) membuat bagan alir (flowchart), (7) membuat storyboard tampilan, (8) memprogram materi, (9) membuat materi pendukung, (10) melakukan evaluasi dan revisi. Model yang digunakan adalah tutorial bercabang dengan kontrol sepenuhnya kepada siswa. Penyajian informasi pada tutorial berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele.

Paket pembelajaran telah dinilai oleh ahli materi, ahli teknologi pembelajaran, ahli pemrograman dan guru matematika. Setelah dilakukan revisi, selanjutnya diujicobakan ke siswa SMAN 1 Ngantang Kab. Malang. Hasil uji coba perorangan diperoleh informasi bahwa paket pembelajaran sudut pada ruang dimensi tiga mudah untuk dioperasikan yaitu 93 % siswa menyatakan bahwa paket pembelajaran mudah untuk dioperasikan atau berada pada kategori sangat valid. Informasi lain adalah paket pembelajaran sudut pada ruang dimensi tiga disukai oleh siswa yaitu sebesar 80% siswa senang dengan tampilannya atau berada pada kategori valid, 75% menyatakan senang dengan gambar-gambarnya atau berada pada kategori valid, 86% tertantang untuk belajar lebih baik atau berada pada kategori sangat valid serta penilaian pencapaian sebesar 80 % atau dalam kategori valid.

            Spesifikasi produk yang diharapkan telah tercapai yaitu : Tipe paket pembelajaran adalah tutorial bercabang(branching tutorial), yang disimpan dalam bentuk CD (compact disk), sehingga dapat dibawa siswa dan dapat dipelajari secara mandiri, paket pembelajaran memuat materi utama yaitu sudut antara garis dengan garis dan sudut antara garis dengan bidang, penjelasan materi disertai dengan sajian gambar animasi yang berkaitan materi sudut dengan memperhatikan kombinasi warna dan tulisan, paket dapat dijalankan pada komputer dengan spesifikasi minimal Windows 98, prosessor minimal 600MHz, RAM minimal 256 Mbyte, resolusi minimal 800 x 600, CD-ROM minimal 24x, VGA minimal 16 bit, sistem menu yang digunakan adalah dalam bentuk jendela (window), menu dapat dipilih dengan menggunakan tetikus(mouse), pembelajaran dalam paket ini disesuaikan dengan tahap-tahap berpikir Van Hiele yang meliputi tahap 0 (visualisasi), tahap 1 (analisis), tahap 2 (deduksi informal), tahap 3 (deduksi), dan tahap 4 (rigor).

Abstract:

Keyword : Development, Computer Assisted Instruction, Angle at Dimension Three

 

Early from existence of existing difference between ideal condition and condition of real relate to the study of angle at dimension three, that is ( 1) Not yet exploited of computer for the study of mathematics, though most SMA have been made available a computer and with the excess had [by] the computer ought to in this time computer have been exploited for the study of in an optimal fashion, ( 2) Not yet made available of package of Computer Assissted Instruction of angle at dimension three alternatively mathematics study, though in this time have been made available a software able to visualizing the picture accompanied with the interesting animation, ( 3) existence of student difficulty to comprehend the angle at dimension three unassisted other media and the limited learn in class. This development aim to to provide the package of Computer Assisted Instruction (CAI) of Angle at Dimension Three for the autodidact of student in SMAN 1 Ngantang Kabupaten Malang.

 CAI package developed by pursuant to step of Alessi and Trollip consisted of 10 step that is ( 1) determine need and goals, ( 2) collect resources, (3) learn the content, ( 4) generate ideas ( brainstorming), ( 5) design, ( 6)flowcharting, ( 7) storyboarding, ( 8) programming, ( 9) support materials, ( 10) evaluation. The development model is branching tutorial with the control fully to student. Information presentation pursuant to step by Van Hiele.

            CAI package have been assessed by materials expert, study technologist, expert of programming and mathematics teacher. After revised, hereinafter pilot testing to student SMAN 1 Ngantang Kab. Malang. Result of individualness test-drive obtained information that CAI package of angle at dimension three is easy to operated that is 93 % student express that easy CAI package to be operated or reside in category very valid. Other information is 80% student like with its appearance or reside in valid category, 75% expressing to like with its pictures or reside in valid category, 86% challenged to learn better or reside in category very valid and also attainment assessment equal to 80 % or in valid category.

            Specification of product expected have been reached that is : type of CAI Package is branching tutorial, CAI package kept in the form of CD ( compact disk), so that can be brought a student and can be studied self-supportingly, CAI package load the especial items that is angle between two lines with the line and angle between line with the area, package can be run with the minimum specification Windows 98, minimum prosessor 600MHz, Minimum louvre 256 Mbyte, minimum resolution 800 x 600, Minimum CD-ROM 24x, Minimum VGA 16 beet, menu system used in the form of window, eligible menu by using mouse, study in this package adapted for a phase think the Van Hiele covering phase 0 ( visualisation), phase 1 ( analysis) and phase 2 ( informal deduction).