DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Eksperimen Respon dan Hasil Belajar Materi Cuaca Antara Pembelajaran Menggunakan Multimedia dengan Pembelajaran Pengamatan Lapang di Kelas X SMAN 7 Samarinda. (Tesis)

Iya’ Setyasih

Abstrak


Geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di tingkat SMA diperuntukkan di kelas X, XI, dan XII program IPS yang termasuk mata pelajaran Ujian Akhir Nasional (UAN). Secara umum siswa memandang geografi sebagai mata pelajaran yang kurang menarik, tidak menyenangkan, monoton, hafalan, dan tidak penting. Hal ini disebabkan pembelajaran geografi berlangsung secara konvensional dengan ceramah atau mengerjakan LKS dan berlangsung hanya di dalam kelas. Jarang sekali siswa diajak belajar di luar kelas untuk mengamati dan menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari yang ada di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat menarik respon dan minat siswa dalam belajar geografi, yaitu penggunaan multimedia dan pengamatan lapang. Belajar dengan pengamatan langsung di lapangan menjadikan siswa lebih bersemangat dalam belajar, lebih berkonsentrasi pada materi, membuat daya pikir siswa lebih berkembang, suasana belajar lebih nyaman, siswa lebih dapat memahami materi pelajaran, siswa lebih berani mengernukakan pendapat dan membuat siswa lebih aktif. Pembelajaran dengan menggunakan media: gambar, lukisan, foto, slide, film, dan video tentang obyek-obyek yang menjadi materi pembelajaran akan membantu guru dalam memberikan penjelasan. Selain menghemat kata-kata, menghemat waktu, penjelasan guru-pun akan lebih mudah dimengerti oleh siswa. Dengan media siswa akan lebih tertarik, membangkitkan motivasi belajar, menghilangkan kesalahan pemahaman, dan informasi yang disampaikan menjadi konsisten.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain penelitian nonequivalent (pretest and posttest) control-group design. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel independen (stimulus) yaitu siswa yang belajar di dalam kelas dengan multimedia dan siswa yang belajar dengan pengamatan langsung di lapangan pada materi cuaca dan iklim dengan tujuan untuk membandingkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran menggunakan multimedia dengan pembelajaran pengamatan lapang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia dengan pembelajaran pengamatan lapang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Samarinda. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X1 dan kelas X4. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis anacova.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan multimedia dan pembelajaran dengan pengamatan lapang. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran melalui pengamatan lapang hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan pembelajaran menggunakan multimedia. Pada pembelajaran menggunakan multimedia respon belajar siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran pengamatan lapang. Jadi, respon belajar siswa tidak berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar geografi. Yang lebih berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar geografi adalah penggunaan metode belajar. Hasil belajar menggunakan multimedia = 67,05 dan pengamatan lapang = 71,25. Gain peningkatan hasil belajar pada kelas multimedia = 7,46 dan kelas pengamatan lapang = 14,12. Respon kelas multimedia adalah 14,794 dan kelas pengamatan lapang adalah 14,156.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada guru hendaknya terus terus berinovasi dalam pembelajaran, dan mengembangkan pembelajaran menggunakan multimedia maupun pengamatan lapang yang lebih kreatif, aktif, dan menarik bagi siswanya. Secara praktis guru diharapkan dapat menerapkan hasil penelitian ini pada materi yang lainnya. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan lagi pada materi yang lainnya dan metode penelitian lain seperti PTK maupun action research.

Abstract:

Keywords: Weather, Multimedia, and Field Observations

 

Geography is one of the subjects taught at the high school level in the class X, XI, and XII IPS program which includes subjects of the National Final Examination (UAN). In general, students saw geography as a subject that is less interesting, unpleasant, monotonous, rote, and not important. This is due to take place in a conventional learning geography with a lecture or doing worksheets and takes place only in the classroom. Students are rarely invited to learn outside the classroom to observe and solve real problems in everyday life in the surrounding environment. Therefore, the required methods which can attract students' responses and interest in learning geography, namely the use of multimedia and field observations. Learning by direct observation to make students more enthusiastic in learning, concentrate more on the material, make the students think more developed, more comfortable learning environment, students can better understand the subject matter, students are more daring opinions and make students more active. Learning with media: drawings, paintings, photographs, slides, films, and videos of objects into the learning materials will assist teachers in giving explanations. Besides saving the words, save time, explanation-teacher would be more easily understood by students. By media students will be more interested, arouse motivation to learn, eliminating errors of understanding, and information submitted to be consistent.

The study was a quasi-experimental research design with nonequivalent study (pretest and posttest) control-group design. In this study using two independent variables (stimulus) that students who learn in the classroom with multimedia and students who learn by direct observation on the matter of weather and climate in order to compare the results of their study. This research aims to explain the differences between student learning outcomes using multimedia learning with field observations of learning. The hypothesis of this study is the significant difference between learning outcomes of students who use multimedia learning field observations. The population in this study were students of class X SMAN 7 Samarinda. While the sample used was grade classes X1 and X4. Data processing was done by using anacova analysis.

The results of this study indicate that there was no significant difference between learning the results of learning using multimedia and learning with field observations. The results show that learning through field observation results of their study was higher than the learning using multimedia. In response to learning using multimedia student learning is higher than field observations. Thus, students' responses did not affect the increase in yield learning geography. Even more influential in improving learning outcomes is the use of methods of studying geography. Learning outcomes using multimedia = 67.05 and field observations = 71.25. Gain improved learning outcomes in a multimedia class = 7.46 and classroom observation field = 14.12. Response multimedia class was 14.794 and classroom observation field was 14.156.

Based on these findings it is suggested the teacher should continue to keep innovating in learning, and develop learning using multimedia and field observations are more creative, active, and attractive to students. Practically speaking, teachers are expected to apply the research results on other material. For further research is expected this study can be developed again on the other materials and other research methods such as TOD and action research.