DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Kualitas Prose, Hasil Belajar dan Retensi Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Asam Basa Kelas XI IPA SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar. (Tesis)

Fatimah Zahri

Abstrak


Materi asam basa terdiri dari banyak konsep yang berkaitan dengan konsep sebelumnya seperti disosiasi dan kesetimbangan. Topik ini juga banyak melibatkan perhitungan matematika. Kombinasi keduanya cenderung menyebabkan siswa mengalami kesulitan untuk mempelajarinya. Model pembelajaran daur belajar enam fase (LC-6) yang berorientasi pada konstruktivistik diharapkan dapat memudahkan siswa dalam mempelajari topik ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran LC-6 dengan siswa yang diajar dengan model konvensional, (2) perbedaan retensi hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajar LC-6 dengan siswa yang diajar dengan model konvensional, (3) kualias proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran LC-6 dan model konvensional, dan (4) persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran LC-6 dan model konvensional.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan eksperimen semu. Rancangan deskriptif digunakan untuk menggambarkan kualitas proses belajar mengajar dan persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran LC-6 dan model pembelajaran konvensional. Rancangan eksperimen semu digunakan untuk mempelajari hasil belajar siswa dan retensi setelah pembelajaran dengan menggunakan model LC-6 dan model konvensional. Subjek penelitian ini adalah siswa dari dua kelas XI IPA SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar, tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 27 siswa setiap kelasnya. Salah satu dari kelas tersebut proses pembelajarannya menggunakan model LC-6 dan yang lainnya diajarkan dengan model konvensional. Uji t digunakan untuk membandingkan hasil belajar siswa dan retensi yang diperoleh dari pembelajaran dengan model LC-6 dan model konvensional. Siswa yang diajar dengan model pembelajaran LC-6 dan model konvensional menggunakan buku teks kimia yang sama. Data penelitian adalah hasil belajar dan retensi hasil belajar, kualitas proses pembelajaran dan persepsi siswa terhadap pelaksanaan model pembelajaran LC-6 dan model konvensional. Data hasil belajar dan retensi dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif yang terdiri dari 20 item. Hasil uji coba instrumen tes hasil belajar memberikan validitas isi sebesar 99,0% dan koefisien reliabilitas, diukur dengan rumus Kuder-Richardson-20, sebesar 0,64. Data proses belajar dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dengan validitas isi sebesar 98,0%. Data persepsi siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan validitas isi sebesar 99,7% untuk model pembelajaran LC-6 dan 99,0% untuk model pembelajaran konvensional.

Temuan penelitian adalah: (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran LC-6 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (2) tes retensi pertama dan kedua menunjukkan bahwa retensi siswa model pembelajaran LC-6 lebih baik daripada retensi siswa model pembelajaran konvensional, (3) kualitas proses belajar mengajar model pembelajaran LC-6 adalah lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, (4) siswa yang diajar dengan menggunakan model LC-6 merespon positif terhadap penerapan model pembelajaran, sedangkan siswa yang diajar dengan model konvensional merespon netral terhadap model pembelajaran yang diterapkan.

Abstract:

Keywords: learning cycle, learning process quality, achievement, retention, acid- base

Acid-base topic consists of many concepts related to previous concepts such as dissociation and equilibrium. This topic also involves many mathematics calculations. Combination of them tends to make students difficult in studying this topic. Six steps learning cycle (LC-6) model of learning which oriented to constructivist is expected to make students easier in studying this topic. The purposes of this research were to know: (1) achievement of students subjected to LC-6 model of learning compared to those subjected to conventional model of learning; (2) retention of students subjected to LC-6 model of learning compared to those subjected to conventional model of learning; (3) quality of learning process using LC-6 model of learning; and (4) students' perception about implementation of LC-6 model of learning.

This research applied descriptive and quasi experimental designs of research. Descriptive design was used to describe quality of learning process, and students' perception toward application of LC-6 and conventional models of learning. Quasi-experimental design was used to study students' achievement and retention after being subjected to LC-6 and conventional models of learning. Subjects of this research were students of two year IX science-classes (IPA class) of SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar, of the academic year of 2009/10 which consisted of 27 students of each class. One of them (IPA1 XI class) was subjected to LC-6 learning process while the other was subjected to conventional learning process. The t-test was applied in comparing students' achievements and retention obtained from LC-6 and conventional models of learning.

Students subjected to LC-6 and conventional model of learning used the same chemistry text book. Research data were students' achievement and retention, quality of learning process and students' perception upon implementation of LC-6 model of learning. The data of students' achievement and retention were collected using objective test consisted of 20 items. Trying out of the instrument gave content validity of 99.0 % and coefficient reliability, measured using Kuder-Richardson-20 formula, of 0.64. The data of learning process were collected using observation sheets with content validity of 98.0 %. The data of students' perception were collected using a questionnaire with content validity of 99.7 % for class subjected to LC-6 model of learning, and of 99.0 % for class subjected to conventional model of learning.

The research findings were: (1) achievement of the students' subjected to LC-6 model of learning was higher than that subjected to conventional method model of leaning; (2) first and second retention tests indicate that retention of the students' subjected to LC-6 model of learning was better than that subjected to conventional method model of leaning, (3) quality of learning process in LC-6 model of learning was better than that in conventional model of learning; and (4) students subjected to LC-6 model of learning responded positively toward implementation of this learning model, while students subjected to conventional model of learning responded neutrally toward implementation of this model of learning.