DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Persepsi Guru Terhadap SMM ISO 9001:2008 dan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. (Tesis)

Setijono Setijono

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar hubungan persepsi guru terhadap SMM ISO 9001:2008 dan peran kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif dengan teknik analisis korelasi produk momen, korelasi ganda dan analisis regresi linier ganda. Populasi yang menjadi obyek penelitian adalah 143 guru SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang dengan kategori 26 guru kelompok mata pelajaran normatif, 37 guru kelompok mata pelajaran adaptif dan 85 guru kelompok mata pelajaran produktif. Dengan berpedoman pada tabel Monogram Harry King, selanjutnya 103 guru dijadikan sebagai sampel penelitian yang diambil secara random dari populasi. Pengumpulan data penelitian sepenuhnya dilakukan dengan menggunakan angket.

Sebelum angket disebar, peneliti melakukan uji instrumen kepada 30 guru yang tidak digunakan sebagai sampel penelitian. Uji tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa tiap-tiap item instrumen yang digunakan telah memenuhi syarat validitas dan realibilitas sebagai alat ukur data penelitian. Uji validitas instrumen menggunakan analisa r product moment dari Pearson Correlation dan uji realibitas menggunakan analisa r product moment dari Spearman Brownn Correlation.

 Data yang terkumpul dari angket selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi produk momen, korelasi ganda dan analisis regresi linier ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi guru terhadap Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dengan kinerja guru SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang dengan koefisien korelasi sebesar 0,799. Hal ini mengimplikasikan bahwa semakin tinggi intensitas pelaksanaan SMM ISO 9001: 2008 di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang, maka semakin tinggi kinerja guru SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang, (2) ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi guru SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang terhadap peran kepemimpinan kepala sekolah SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang dengan kinerja guru SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang dengan koefisien korelasi  sebesar 0,757. Hal ini mengimplikasikan bahwa semakin tinggi intensitas peran kepemimpinan kepala sekolah SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang, maka semakin tinggi kinerja guru SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang, (3) Terdapat hubungan bersama positif yang signifikan antara persepsi guru SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang terhadap SMM ISO 9001:2008 dan persepsi guru terhadap peran kepemimpinan kepala sekolah SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang dengan kinerja guru SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang dengan koefisien korelasi sebesar 0,726. Hal ini mengimplikasikan bahwa semakin tinggi intensitas persepsi guru terhadap SMM ISO 9001:2008 dan persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang maka semakin tinggi tingkat kinerja guru SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang.

Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan beberapa hal berikut: Pertama, untuk meningkatkan kinerja guru, intensitas persepsi guru SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang tentang SMM ISO 9001:2008 perlu ditingkatkan dengan melakukan sosialisasi tentang SMM ISO 9001:2008. Kedua, untuk memberdayakan guru meningkatkan kinerjanya, intensitas peran kepemimpinan kepala SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang sebagai motivator dan inspirator perlu ditingkatkan dengan mengadakan pembinaan secara berkala. Ketiga, dari kajian teoritis, kepala sekolah dapat memperoleh informasi dari hasil penelitian ini sebagai bahan untuk mengembangkan seni kepemimpinan kepala sekolah. Keempat, dari kajian teoritis, guru memperoleh informasi tentang pentingnya meningkatkan motivasi berprestasi agar dapat meningkatkan kinerjanya untuk menjadi guru yang profesional. Kelima, Departeman Pendidikan Nasional Kabupaten Malang diharapkan dapat menindaklanjuti dengan langkah-langkah strategis untuk mendorong pentingnya SMM ISO 9001:2008 dan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru SMK Negeri I Singosari Kabupaten Malang. Keenam, dengan keterbatasan hasil penelitian ini, maka hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk dimanfaatkan oleh peneliti lain dengan penelitian yang lebih luas.

 

Abstract:

Key words: relationship, perceptions, Quality Management System ISO 9001:2008, headmaster's leadership roles, performance of teachers, SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang

This study aims at investigating to what extent teachers' perceptions about Quality Management System ISO 9001:2008 and about headmaster's leadership roles relate to the performance of teachers of SMK (Sekolah Menengah Kejuruan - Vocational Secondary School) Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang. Associative approaches were employed in this study, involving the analyses of product moment correlation, multiple regression, and multiple linear regression.

The sample of this study was 103 teachers, who had been randomly selected from the total population of 143 teachers. The sample consisted of 26 teachers of normative subjects, 37 teachers of adaptive subjects, and 85 teachers of productive subjects. Data were collected merely through questionnaires.

Prior to being distributed, the questionnaires were tried out to ensure that all the items met the criteria of validity and reliability. Involving 30 teachers who were not involved in this study, the results of the try-out indicate that all the items were valid and reliable as respectively reflected in the r product moment of Pearson Correlation and in the r product moment of Spearman Brown.

The teachers' responses to the questionnaires were then analyzed using product moment correlation, multiple regression, and multiple linear regression. The results of the analyses reveal that (1) perceptions about Quality Management System ISO 9001:2008 significantly relate to the performance of teachers of SMK (Sekolah Menengah Kejuruan - Vocational Secondary School) Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang, as reflected in the correlation coefficient of .799. This implies that the better the teachers' perceptions about Quality Management System ISO 9001:2008, the better their performance is; (2) perceptions about headmaster's leadership roles significantly relate to the performance of teachers of SMK (Sekolah Menengah Kejuruan - Vocational Secondary School) Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang, as reflected in the correlation coefficient of .757. This implies that the better the teachers' perceptions about headmaster's leadership roles, the better their performance is; and (3) both perceptions about Quality Management System ISO 9001:2008 and about headmaster's leadership roles significantly relate to the performance of teachers of SMK (Sekolah Menengah Kejuruan - Vocational Secondary School) Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang, as reflected in the correlation coefficient of .726. This implies that the better the teachers' perceptions about Quality Management System ISO 9001:2008 and about headmaster's leadership roles, the better their performance is.

Based on the research findings, the following suggestions are made. First, it is necessary to reinforce teachers' understandings of Quality Management System ISO 9001:2008 so that they can perform better. Second, to empower the teachers to improve their performance, the roles of the headmaster's leadership should be revitalized through systematic supervision programs. Third, it is recommended that the headmaster refer to the results of the literature review in this study as the models for the development of various leadership styles. Fourth, the teachers are expected to refer to the results of the literature review in this study to motivate them to continuously perform better in order that teacher professional development can be realized. Fifth, Office of Education Department of Malang Regency is expected to carry out a follow-up activity concerning the strategic plans in informing the importance of Quality Management System ISO 9001:2008 and headmaster's leadership roles in improving teachers' performance. Finally, referring to the limitations of this study, future researchers might carry out similar studies covering broader research scope.