DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Pada Mata Diklat Dasar-Dasar Mesin. (Tesis)

Wanda Ramansyah

Abstrak


Mata diklat dasar-dasar mesin adalah mata diklat yang diberikan kepada seluruh siswa SMK kelas 1 jurusan Teknik Otomotif. Pembelajaran dalam mata diklat dasar-dasar mesin ini membahas materi-materi yang meliputi pengenalan komponen-komponen mesin 2 tak dan 4 tak, cara kerja mesin 2 tak dan 4 tak, sistem pelumasan, dan sistem pendinginan mesin. Ditinjau dari karakteristik pembelajaran mata diklat dasar-dasar mesin tersebut maka pembahasan lebih banyak mengupas tentang pergerakan di dalam mesin. Permasalahan timbul karena pembelajaran menggunakan buku cetak atau modul tentu saja dirasakan kurang, hal ini karena buku cetak atau modul hanya dapat menyajikan gambar diam saja.

Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengatasi permasalahan belajar siswa dengan menciptakan media belajar berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer pada pembelajaran mata diklat dasar-dasar mesin yang bertujuan untuk membantu memudahkan dan memotivasi siswa SMK khususnya jurusan Teknik Otomotif untuk memahami materi dalam mata diklat dasar-dasar mesin.

Metode pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer ini adalah menggunakan model Kemp dan Dayton, di mana langkah-langkahnya adalah menentukan: (1) ide atau tujuan umum pembelajaran, (2) tujuan khusus pembelajaran, (3) karakteristik audiens, (4) isi materi (content outline), (5) treatment, (6) storyboard, (7) naskah (script), (8) developing, editing, and mixing, dan (9) testing and revising.

Dari hasil uji validasi produk pengembangan didapat data sebagai berikut: ahli isi atau materi menyatakan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer mencapai kualifikasi "tinggi" dengan prosentase jawaban 87,14%, ahli media pembelajaran menyatakan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer mencapai kualifikasi "tinggi" dengan prosentase jawaban 83 %, dan ahli desain pembelajaran menyatakan produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer mencapai kualifikasi "tinggi" dengan prosentase jawaban 88%.

Dari hasil uji coba perorangan mengenai produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer didapat rata-rata prosentase jawaban 90 % yang berarti produk berada pada kualifikasi "sangat tinggi". Kemudian dari uji coba kelompok kecil didapat rata-rata prosentase jawaban 87 % yang berarti produk berada pada kualifikasi "tinggi". Langkah terakhir pada uji coba kelompok besar didapat rata-rata prosentase jawaban 88 % yang berarti produk berada pada kualifikasi "tinggi".

Saran desiminasi produk pengembangan ini adalah agar produk ini dapat disebarluaskan dan digunakan oleh siswa SMK secara luas, khususnya siswa SMK jurusan teknik otomotif. Namun penyebaran produk juga harus disertai dengan penyediaan fasilitas-fasilitas teknologi yang memadai seperti komputer atau laptop beserta sound system dan proyektor untuk memfasilitasi produk ini.

 

Abstract:

 

Keywords: Development, Multimedia Learning, Interactive, Computer Basics

Engine, Model Kemp and Dayton.

The basics machine training is the training that is given to all first-class vocational students majoring in Automotive Engineering. The basics machine training are discuss material that includes the introduction of two engine components and four engine components, the workings of the 2 stroke machine and 4 stroke machine, lubrication systems, and engine cooling systems. Viewed from the characteristics of learning the basics machine training it peel more discussion about the movement within the machine. Problems arise because learning to use printed books or module is felt less, this is because the printed book or module can be present only still images only.

 This development objective is to give the way out of students learning problems by creating a learning media in the form of an interactive multimedia computer based learning on basics machine training that aims to help facilitate and motivate vocational students majoring in Automotive Engineering to understand the material in the eyes of basic training machine.

 Method development of this interactive multimedia computer based learning is to use a model of Kemp and Dayton, where the steps were to determine: (1) ideas or general purpose learning, (2) the specific purpose of learning, (3) audience characteristics, (4) content of the material (content outline), (5) treatment, (6) storyboard, (7) script (script), (8) developing, editing, and mixing, and (9) testing and revising.

 From the development of product validation test results obtained the following data: content or material expert claimed computer-based interactive multimedia learning achieve qualification "high" with a percentage of 87,14%, instructional media experts declared the product of learning media interactive multimedia computer-based learning to reach qualified "high" with 83% percentage of the answers, and instructional design experts declared multimedia products reach the computer-based interactive learning qualifications "high" with 88% percentage of answers.

 Of the individual trial results regarding product interactive multimedia computer based learning gained an average percentage of 90% which means the answers are in qualifying products "very high". Then, from a small group trial found an average percentage of 87% which means the answers are in qualifying products "high". The final step in testing a large group obtained an average percentage of 88% which means the answers are in qualifying products "high".

 Suggestions dissemination the products of this development is that these products can be disseminated and used by vocational students extensively, especially vocational students majoring in automotive engineering. However, the product distribution must also be accompanied by the provision of facilities adequate technology such as computers or laptops and projectors and sound systems to facilitate this product.