DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Persepsi Tentang Kompetensi Guru dengan Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran dan Etos Kerja Guru Bersertifikat Pendidik di SMK Kabupaten Indramayu. (Tesis)

Cayono Cayono

Abstrak


Guru memegang peran yang amat besar dalam proses pembelajaran di kelas, karena itu guru memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyusun rencana pembelajaran, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Mutu pendidikan akan dapat terwujud apabila proses pembelajaran dilakukan oleh guru yang memahami kompetensi guru yang terdiri atas kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesi. Guru bersertifikat pendidik diharapkan memberi makna positif dalam mempersepsikan tentang kompetensi guru. Upaya yang dilakukan Pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan memberlakukan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang mewajibkan guru untuk memiliki kualifikasi akademik, menguasai kompetensi, dan memiliki sertifikat pendidik.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara persepsi kompetensi guru dengan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) etos kerja, guru bersertifikat pendidik.

Hasil analisis deskripsi tentang persepsi kompetensi guru menunjukkan kecenderungan yang positif. Perencanaan pembelajaran menunjukkan pada kategori baik. Pelaksanaan pembelajaran menunjukkan pada kategori baik. Etos kerja menunjukkan pada kategori tinggi. Sedangkan Hasil analisis korelasi membuktikan, terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi tentang kompetensi guru dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan etos kerja yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi secara berurutan: X dengan Y sebesar 0,720 atau 72%, X dan Y2 sebesar 0,617 atau 61,7%, dan X dan Y3 sebesar 0,733 atau 73,3% pada level 0,05. Hal ini berarti semakin positif persepsi tentang kompetensi guru, maka diikuti dengan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran yang baik, dan etos kerja yang tinggi.

Saran yang disampaikan adalah perlunya selektifitas rekrutmen yang ketat melalui Dinas Pendidikan Daerah dan penilaian oleh Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) hendaknya lebih memperhatikan motivasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran disamping memperhatikan aspek-aspek lain.

 

Abstract:

 

Keywords: perception, teacher competence, teaching scenario, teaching-learning implementation, work ethic.

 

Teachers hold a great role in a learning process in the classroom, therefore they have duty and responsibility to arrange teaching scenario and implement it in the learning activity. Quality of education will be achieved if learning process activity carried out by teachers who have pedagogic, social, personal, and professional competence. The teachers with educator certificate are expected to give positive impression about teachers' competence. To increase the quality of education, government have implement the Law of the Republic of Indonesia Number 14 Year 2005 on Teachers and Lecturers, which obligates teachers to have academic qualification, comprehend competence, and educator certifcate.

This research aimed to describe the correlation teachers competencies perception to (1) teaching scenario, (2) teaching-learning implementation, and (3) work ethics of educator certified teacher.

The result of describe analysis on teacher competence showed a positive tendency. Teaching scenario showed on good category. Teaching-learning implementation showed on good category. Work ethics showed on high category. Meanwhile, the result of correlation analysis showed that there is a significant correlation teachers' competence perceptions to teaching scenario, teaching-learning implementation, and work ethics, be showed by correlated coefficient mark orderly: X and Y1 is 0, 72 or 72%, X and Y2 is 0,617 or 61,7%, and X and Y3 is 0,733 or 73,3% at the level 0,05. This means the more positive perception on teacher's competence, the higher traching scenario, teaching-learning implementation, and work ethics are.

Suggestion is that there is an importance of selective recruitment through Regional Education Office and ratings by Educators and Education Workforce Institute (LPTK) should be more concern on motivation to increase quality of teaching scenario, teaching-learning implementation beside focus on other aspects.