DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyusunan dan Penerapan Bahan Ajar Mathematics Worksheet dan Game Puzzle pada Pembelajaran Bilingual Topik Probability di Kelas XI IPA3 SMA Katolik St. Albertus Malang

Ignatia Maria Midawati

Abstrak


Midawati, Ignatia Maria, 2010. Penyusunan dan Penerapan Bahan Ajar  Mathematics Worksheet dan Game Puzzle Pada Pembelajaran Bilingual  Topik Probability di kelas XI IPA-3 SMA Katolik St. Albertus Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd, dan (II) Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si, Ph.D.

 

Kata kunci:  Bahan Ajar Mathematics Worksheet dan Game Puzzle, Bilingual, Kriteria Kualitas, Probability.

           

Ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh apabila seorang guru mengembangkan bahan ajar sendiri, yakni antara lain; pertama, diperoleh bahan ajar yang sesuai tuntutan kurikulum dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, kedua, tidak lagi tergantung kepada buku teks yang terkadang sulit untuk diperoleh, ketiga, bahan ajar menjadi lebih kaya karena dikembangkan dengan menggunakan berbagai referensi, keempat, menambah khasanah pengetahuan dan pengalaman guru dalam menulis bahan ajar, kelima, bahan ajar akan mampu membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dengan siswa karena siswa akan merasa lebih percaya kepada gurunya.         

            Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan langkah-langkah penyusunan dan penerapan bahan ajar mathematics worksheet dan game puzzle Probability berdasarkan prinsip variabilitas matematis dan prinsip variabilitas persepsi yang dikemukan Dienes. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed research, yaitu campuran dari penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Jenis penelitian adalah action research. Proses penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus yang meliputi komponen perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMAK St. Albertus Malang, beralamat di Jalan Talang 1 Malang, dimana penggunaan bahan ajar dilakukan pada siswa kelas XI IPA-3 sebagai subjek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan menerapkan bahan ajar bilingual yang menyenangkan dan sesuai dengan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) untuk siswa kelas XI IPA SMAK St. Albertus Malang.

 Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui hasil validasi bahan ajar mathematics worksheet dan game puzzle Probability oleh tenaga ahli, RPP, hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru, hasil tes, hasil penilaian kognitif dan sikap dalam pelaksanaan game puzzle, hasil angket dan hasil wawancara. Setelah dikumpulkan, data kemudian dianalisis dengan menggunakan tehnik análisis kualitatif, yang meliputi kegiatan (1) mereduksi data (proses menyeleksi, memfokuskan dan menyederhanakan semua data mentah dan kasar yang diperoleh dengan berbagai tehnik), (2) menyajikan data secara naratif sehingga memungkinkan penarikan kesimpulan dan keputusan pengambilan tindakan, dan (3) menarik kesimpulan serta verifikasi terhadap hasil penafsiran dan evaluasi.

            Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) dari Siklus I diperoleh langkah-langkah penyusunan bahan ajar mathematics worksheet dan game puzzle Probability sehingga mampu membelajarkan siswa tentang teori Peluang, (2) dari Siklus I dan II juga diperoleh langkah-langkah pembelajaran sehingga guru dan siswa mampu menggunakan bahan ajar mathematics worksheet dan game puzzle Probability untuk pembelajaran bilingual, (3) dari hasil observasi guru terhadap subjek penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar mathematics worksheet dan game puzzle pada materi teori Peluang (Probability) menunjukkan pada kategori sangat baik, (4) berdasarkan hasil angket, respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif dan tingkat penguasaan siswa terhadap materi teori Peluang juga baik, (5) berdasarkan hasil wawancara dan angket siswa, respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar mathematics worksheet membutuhkan penyesuaian siswa, sedangkan pada pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar game puzzle sangat positif, (6) bahan ajar mathematics worksheet dan game puzzle Probability layak digunakan untuk pembelajaran bilingual Matematika di kelas.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran yang bisa diberikan adalah (1) untuk meningkatkan profesionalitas guru, sekolah sebagai lembaga sebaiknya memotivasi guru untuk menyusun bahan ajar sendiri dengan melakukan pendampingan tenaga ahli, (2) suatu bahan ajar yang sudah disusun harus senantiasa dilakukan revisi untuk meningkatkan kualitas, (3) pengembangan bahan ajar terutama permainan yang mampu mengembangkan kognitif siswa sangat memotivasi siswa belajar, sehingga inovasi bahan ajar permainan harus selalu digali, (4) penyusunan bahan ajar sendiri oleh guru memang terasa sulit di awal, namun pada proses berikutnya guru akan merasakan nikmatnya.