DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Strategi Multiple Games untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Penanggungan Malang. (Tesis)

Sri Agustin Mulyani

Abstrak


Tesis ini memaparkan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan strategi Multiple Games pada siswa kelas I SD Negeri Penanggungan Malang. Penggunaan strategi Multiple Games ini diharapkan sebagai pembaharuan dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas.

 Kemampuan membaca permulaan siswa kelas I masih rendah. Hal ini disebabkan guru kelas I SD Negeri Penanggungan Malang belum memanfaatkan strategi yang dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar. Siswa kurang diberi aktivitas personal dan kelompok yang mengakibatkan kebosanan siswa dalam belajar sehingga siswa kurang termotivasi untuk aktif, senang, dan berfikir kritis dalam pembelajaran. Berdasarkan studi pendahuluan hasil kemampuan membaca permulaan siswa hanya mencapai 61,16% kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70.

 Berdasarkan kondisi tersebut, diperlukan penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa SD Negeri Penanggungan Malang. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses penerapan strategi Multiple Games pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Penanggungan Malang pada (a) tahap awal, (b) tahap penyusunan, dan (c) tahap akhir, (2) mendeskripsikan hasil penerapan strategi Multiple Games pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Penanggungan Malang pada (a) tahap awal, (b) tahap penyusunan, dan (c) tahap akhir.

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan melalui empat tahap secara daur ulang model spiral mulai dari rencana tindakan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian berupa proses penerapan dan hasil penerapan strategi Multiple Games pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Penanggungan Malang pada (a) tahap awal, (b) tahap penyusunan, dan (c) tahap akhir yang dikumpulkan melalui (1) observasi, (2) catatan lapangan, (3) tes, dan (4) wawancara.

 Sebelum pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan strategi Multiple Games, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas I SD Negeri Penanggungan Malang untuk menyusun perencanaan pembelajaran membaca permulaan dengan strategi Multiple Games yang meliputi perencanaan (1) tujuan pembelajaran yang disepakati antara peneliti dan guru, (2) penggunaan materi dan sumber belajar yang menggunakan buku pegangan siswa, (3) langkah-langkah pembelajaran sesuai alokasi waktu yang ditentukan, (4) penggunaan media yang menarik bagi siswa, dan (5) pelaksanaan evaluasi dengan memperhatikan waktu yang telah dialokasikan.

 Proses penerapan strategi Multiple Games untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Penanggungan Malang meliputi (1) tahap awal, (2) tahap penyusunan, dan (3) tahap akhir. Tahap awal ditandai dengan aktivitas membuka skemata siswa tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dan menjelaskan langkah-langkah permainan. Tahap penyusunan ditandai dengan aktivitas siswa dalam belajar membaca dengan melakukan tiga permainan, yaitu permainan identifikasi gambar, permainan kartu kata pemicu, dan permainan raja. Tahap akhir ditandai dengan aktivitas siswa dalam mengungkapkan kesan pembelajaran dan melaksanakan kegiatan membaca secara individu.

 Hasil penerapan ini menunjukkan bahwa strategi Multiple Games dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Penanggungan Malang. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase yang terus meningkat dari siklus I - III. Hasil penerapan strategi Multiple Games dalam pembelajaran membaca permulaan meningkat dari siklus I sebesar 69%, siklus II sebesar 82.13%, dan siklus III sebesar 87.13%. Hasil yang berupa respon siswa terhadap membaca permulaan meningkat secara positif, siklus I cukup positif, siklus II positif, dan siklus III sangat positif. Proses penerapan strategi Multiple Games dalam pembelajaran membaca permulaan dari kualitas aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 66.6%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 93.3%.

 Berdasarkan temuan tentang penerapan strategi Multiple Games dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, diberikan saran kepada guru kelas I agar membuat perencanaan pembelajaran yang bervariasi dengan menggunakan berbagai permainan, salah satunya adalah strategi Multiple Games. Pada penerapan pembelajaran membaca permulaan sebaiknya dengan cara membaca tanpa buku terlebih dahulu, yaitu dengan penggunaan kartu gambar, kartu huruf dan kartu kata. Guru kelas I diharapkan lebih maksimal memberikan motivasi kepada siswa untuk membaca melalui media pembelajaran yang menarik sehingga minat siswa meningkat. Secara umum pembelajaran membaca dengan strategi Multiple Games dapat dikembangkan di kelas lain atau di gugus sekolah dalam kelompok kerja guru (KKG).

Abstract:

Keywords: beginning reading, multiple games strategy

            This study research is aimed at improving the beginning reading ability of the first graders of Penanggungan Public Elementary School Malang through Multiple Games strategy. The utilizing of the strategy is expected to be able to provide an effective teaching strategy in regard to the teaching of beginning reading in class.

            The beginning reading ability of the first graders was very poor. One of the causes was the teacher did not apply an affective strategy that arise student's interest in studying. Students were given fewer opportunities to study in both individual and group activities, which caused boredom and poor motivation. Students became passive and unhappy. The preliminary study showed that their beginning reading ability was only 61.16%.

            This research was classroom action research that used qualitative approach. The stages taken in the research were (a) the first stage, (b) the composing stage, and (c) the finishing stage that included (1) observation, (2) transcript, (3) test, and (4) interview. The first stage marked with opening student draft, the composing stage marked with student's activities in learning of reading by means of three games, which are picture identification game, word trigger cards game, and the king game. The finishing stage marked with student's activities in expressing their learning impression and do the reading activity individually.

            The result showed that the Multiple Games strategy was able to improve the beginning reading ability of the students at Cycle 3. The student's response result toward beginning reading positively increased: Cycle 1 was positive enough, Cycle 2 was positive, and Cycle 3 was very positive. The observation result toward the teacher activities in the learning of beginning reading also increased from Cycle 1 at 67.8%, Cycle 2 at 85.7%, and Cycle 3 at 64.4%. As a whole, the success in student's reading ability has been increased from Cycle1 at 69%, Cycle 2 at 82.13%, and Cycle 3 at 87.13%.

Before the study implementation of beginning reading with the Multiple Games strategy, the researcher in collaboration with the teacher of first grade student of SD Negeri Penganggungan Malang have made study arrangements planning on beginning reading with Multiple Games strategy which consist of (1) planning of the study result that agreed on between researcher and the teacher, (2) planning of the subject implementation and the study source that based on the student guide book, (3) planning on the learning stages appropriate with time allocation that have been decided, (4) planning on the media implementation that interest to student, and (5) planning of the evaluation implemented with time allocation that have been decided.

 Based on this research result, it is suggested that elementary school teachers use various strategies with the various games on the implementation of beginning reading, one of them is Multiple Games strategy. On the study implementation of beginning reading, the teacher ought to perform study beginning reading by means of reading without books, with the help of picture cards, letter cards, and word cards. In that way, the students can learn while playing. The Multiple Games strategy implemented must include the following activities (1) picture identification, reading and arranging sentence into words and letter; (2) playing the word trigger cards games, reading and with arranging the random sentences into a good sentences; and (3) playing the king games, guessing the letter cards and arranging into words and sentence.