DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Cerita Bergambar Untuk Mengubah Tingkah Laku Off-Task Siswa Sekolah Dasar. (Tesis)

Ani Wardah

Abstrak


Tingkah laku off-task merupakan tingkah laku yang mengganggu kegiatan mengajar guru, dan siswa belajar. Apabila tingkah laku off-task secara tetap dan terus menerus dilakukan oleh siswa, maka hal tersebut dapat berimplikasi pada kegagalan akademiknya, dan lebih lanjut akan mengakibatkan siswa dapat tinggal kelas. Banyaknya kasus siswa Sekolah Dasar (SD) yang melakukan tingkah laku off-task dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas, mengharuskan guru untuk terampil dalam menangani permasalahan tingkah laku off-task siswa secara professional, sistematis dan terencana.

Penelitian pengembangan ini dilakukan sebagai upaya alternatif yang dapat membantu para guru dalam menangani permasalahan tingkah laku off-task siswa SD. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah: 1) menghasilkan cerita bergambar untuk mengubah tingkah laku off-task siswa yang dapat diterima dari aspek kegunaan, kelayakan, dan ketepatannya; 2) mengetahui efektivitas penerapan cerita bergambar untuk mengubah tingkah laku off-task siswa SD, berdasarkan hasil LKS, diskusi kelompok, dan tugas rumah; dan 3) menghasilkan cerita bergambar untuk mengubah tingkah laku off-task siswa SD yang mendapat respon positif siswa, dari segi kemenarikan, menyenangkan, dan antusias.

Desain pengembangannya mengadaptasi model Borg & Gall (1983). Prosedur pengembangan mencakup tiga kelompok tahapan yaitu tahap prapengembangan, pengembangan, dan pascapengembangan. Ketiga tahapan pengembangan tersebut mengikuti rangkaian langkah-langkah: 1) melakukan need assessment; 2) menetapkan prioritas; 3) merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus; 4)menyusun model dan teknik; 5) menyusun prototype cerita bergambar; 6) mengembangkan alat evaluasi, 7) penilaian awal/uji ahli, dan revisi produk pasca uji ahli; 8) uji coba kelompok pengguna (guru), dan revisi pasca uji kelompok pengguna; 9) uji kelompok terbatas, dan revisi produk pasca uji kelompok terbatas; dan 10) produk akhir.

Hasil penelitian pengembangan ini berupa materi untuk siswa, dan buku panduan guru. Adapun topik yang ada dalam materi ini adalah: 1) Berjalan-jalan di kelas ketika pelajaran berlangsung; 2) Berbicara dengan teman ketika pelajaran berlangsung; 3) Mengabaikan mengerjakan PR yang diberikan oleh guru, 4) Menggoda teman ketika pelajaran berlangsung; dan 5) Melempari teman dengan kertas ketika pelajaran berlangsung. Materi disusun dalam bentuk cerita bergambar menggunakan teori vicarious learning.

Hasil penilaian ahli dan pengguna produk (guru) menunjukkan bahwa: 1) materi cerita bergambar untuk siswa SD teruji keberterimaan pada aspek kegunaan, kelayakan, dan ketepatan; dan 2) buku Panduan guru teruji keberterimaannya pada aspek kegunaan, kelayakan, dan ketepatan. Hasil penilaian LKS dari kelima topik, sebesar 85,22%, termasuk dalam kategori efektif. Hasil penilaian diskusi kelompok dari kelima topik, sebesar 89,5% termasuk dalam kategori efektif. Hasil penilaian tugas rumah, sebesar 80,29% termasuk kategori efektif. Hasil penilai kedua pengamat terhadap aspek kemenarikan, menyenangkan, dan antusias ialah siswa dalam mengikuti bimbingan adalah sangat 86,7%, dan cukup, 13,3%, termasuk kategori sangat mendapat respon positif dari siswa. Hal ini menunjukkan cerita bergambar yang telah dihasilkan terbukti efektif setelah diterapkan pada siswa SD untuk mengubah tingkah laku off-task, dan mendapat respon positif yang sangat baik dari siswa.

 

Abstract:

 

Key words: Elementary School, Off-task behavior, Picture story

Off-task behavior is the behavior that interfere the teacher in teaching activity. If the off-task behavior is regularly and continuously done by the students, then it can have implications to the failure of academic, and the students will be held back a class. Numerous cases of elementary school students who do off-task behavior in teaching and learning process in the class, requires teachers to be skilled in handling the problem of off-task behavior professionally, systematically, and planned.

Development research was carried out as alternative efforts that could help the teacher in handling the problem of students' off-task behavior of elementary school. The specific objectives of this research are: 1) to produce a picture story for change the students' off-task behavior that acceptability from the usability aspects, feasibility and accuracy; 2) to know the effectiveness of the implementation of a picture story to change the students' off-task behavior in elementary school, based on LKS, groups discussion, and homework; and 3) to produce a picture stories for change the students' off-task behavior in elementary schools that get the positive response, in terms of attractiveness, gratify and enthusiasm.

The developing design is to adopt the model of Borg & Gall (1983). The procedure of development included three phases, they are: pra-development, development, and pasca-development. The three phases of development follow the series of steps: 1) do need assessment; 2) setting priorities; 3) to formulate the general and specific objective; 4) to arrange the models and techniques; 5) to arrange a prototype of a picture story; 6) develop an evaluation tool; 7) initial assessment/expert test; 8) user group trial; 9) restricted group test, revise the product of pasca restricted group test; and 10) final product.

This results of developing research in the form the material for the students, and teacher's guidebook. As for topics that exist in this material are: 1) Walking in the class when the lessons; 2) Talking with friends when the lessons; 3) to ignore the homework given by teachers; 4) Teasing friends when the lessons; and 5) To pelted the friends with paper when the lessons. The material arranged in the form of a picture story that used vicarious learning theory.

Assessment experts and product users (teacher) showed that: 1) the materials of picture story for the students of elementary school are accepting the test of the usability aspects, feasibility and accuracy; and 2) teacher's guidebook is to accept the test of the usability aspects, feasibility and accuracy. The result of LKS test of the five topics is 85,22%, included in the category of effective. Group discussion assessment of the five topics is 89,5%, included in the category of effective. Homework assessment is 80,29%, included in the category of effective. The appraisal results of the second observer towards attractiveness aspects, gratify and enthusiasm are the students in following the guidance is very 86,7%, and enough, 13,3%, included the category very got the positive response of the students. This show a picture story which has produced proven to be effective after to apply to the students of elementary school to change the off-task behavior, and got a very good positive response from the students.