DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Project Work Sebagai Sistem Evaluasi Produktif di SMK Program Keahlian Elektronika di Kota Blitar. (Tesis)

Eko Bakti Syamsuningtyas

Abstrak


Penilaian autentik adalah penilaian yang mengukur kemampuan peserta didik dalam kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian diri sendiri dalam kehidupan nyata, bahwa para siswa bertanggung jawab untuk mengevaluasi diri mereka. Bahan evaluasi dapat dikumpulkan sebagai produk yang sebenarnya, sebagai contoh tes prestasi standar yang didasarkan pada beberapa kriteria. Penilaian unjuk kerja juga memiliki norma-norma, namun pendekatan filsafatnya jauh berbeda dengan tes standar pada umumnya. Konsep dasarnya adalah para siswa harus menghasilkan bukti pemenuhan tujuan kurikulum yang dapat digunakan sebagai kumpulan bukti prestasi. Penskoran dengan rubrik adalah salah satu metode yang digunakan untuk evaluasi penilaian unjuk kerja.

Pengembangan sistem evaluasi menggunakan metode Borg dan Gall yang dibagi menjadi empat tahap pengembangan, yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, oji coba dan uji validasi. Di industri penerapan sistem evaluasi dengan mengutamakan hasil kerja dengan produk mutu setara tidak hanya memerlukan penyesuaian dengan kondisi sebenarnya, tetapi juga praktik bengkel di sekolah. Kreativitas peserta dengan dasar ide kompetensi yang telah ditempuh selama studi menjadi target yang bisa diimplementasikan di lingkungan kerja. Secara nyata. Penerapan hasil studi dalam ranah kognitif berfungsi penting sebagai aktifitas motorik para peserta didik yang ditunjukkan dengan sikap kerja.

 Project work menerapkan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek yang menghasilkan suatu hasil proyek yang dapat diamati secara langsung dan nyat. Peserta didik membuat laporan hasil kerja secara tertulis kemudian menyampaikannya secara lisan dalam bentuk presentasi. Metode tersebut tidak hanya meningkatkan kreativitas peserta didik tetapi juga kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi.Metode analisis inter-rater digunakan untuk menguji kehandalan sistem evaluasi project work. Dari hasil analisis inter-rater diperoleh 0,7982. Hal ini menunjukkan bahwa project work cukup handal untuk evaluasi.

Hasil pengamatan dan pembahasan dari pengembangan sistem evaluasi ini dapat disimpulkan bahwa project work lebih tepat digunakan sebagai sistem evaluasi produktif untuk program keahlian elektronika, dan mampu meningkatkan hasil kerja siswa. Sarana dan prasarana yang memadai serta peningkatan kerjasama dengan dunia industri dibutuhkan agar evaluasi produktif dengan metode project work ini lebih efektif.

 

Abstract:

Key words: authentic assessment, evaluation systems development, project work

Authentic assessment is an assessment to measure students' ability which comprises cognitive, affective and psychomotor ability. The performance assessment is self-assessment in real life in which students have responsibility to evaluate. The evaluation materials can be collected as a real product, for example the standard achievement test which rely on some criteria. The performance assessment has norms but its approach and philosophy are different with the test in general. The basic concept is students have to produce the evidence of curriculum objective fulfillment that can be maintained as an evidence of assessment collection. The scoring rubric is one of methods used to evaluate the performance assessment.

The development of evaluation system using Borg and Gall is divided into for steps, namely: preliminary study, planning, testing and validation. In factory, the application of evaluation system which emphasize on the work with balance quality product not only requires adaptation to real condition, but also practical work in school workshop. The participants creation with the basic competencies idea that have been taken during study become a target that can be implemented in the working environment. The application of result of the study in cognitive aspect have important role as motor activity which can be showed by working attitude.

Project work apply project base learning which yield a result of project that can be observed directly and real. Students make written finding report then delivered orally in the form of presentation. The methods not only enhance students' creation but also build students' ability in communication. Inter-rater analysis is used to test the reliability of project evaluation system. The result of inter-rater analysis is 0.7982, this indicates that the project is reliable.

Based on the observation and the discussion of the development evaluation system, it can be concluded that project work is more appropriate used as productive evaluation system for electronic engineering program that can enhance student's work. The adequate facility and infrastructure and the improvement of membership are needed in order that the productive evaluation using project work method is effective.