DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Desain Web dan Media Pendukung Web Sebagai Sarana Promosi bagi PT. Radjawali Aero Service

Mohammad Indra Wicaksono

Abstrak


ABSTRAK

Wicaksono, Mohammad Indra. 2010. Perancangan Desain Web dan Media Pendukung Web Sebagai Sarana Promosi bagi PT. Radjawali Aero Service. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn. (II) Andy Pramono, S.Kom, M.T.

Kata Kunci: Perancangan, Desain Web, Media Pendukung, Sarana Promosi 

Penggunaan internet mulai menyebar ke pengguna individu dengan dikembangkannya world wide web (web atau www), yaitu suatu koleksi sumber informasi yang kaya dengan gambar yang saling berhubungan dalam internet yang lebih luas. Menurut Boone & Kurtz (dalam Anwar, 2002:20), internet telah menjadi salah satu cara yang paling populer bagi perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasa yang dihasilkan. Semakin banyak tanggapan orang-orang terhadap promosi di situs web yang disediakan, bahkan melebihi jumlah target yang telah ditentukan dalam kurun waktu tertentu, maka promosi di internet tersebut telah sukses menarik minat calon konsumen.

Tujuan perancangan ini adalah membuat desain web untuk memberi informasi kepada target audience tentang gambaran PT. Radjawali Aero Service, memperkenalkan kepada target audience website PT. Radjawali Aero Service sebagai media promosi baru perusahaan, dan menarik minat audience untuk menggunakan jasa PT. Radjawali Aero Service. Disamping desain web, dirancang juga media pendukung web lainnya seperti iklan surat kabar, baliho, X-banner, company profile catalouge, dan promotion mobile company.

Media komunikasi visual yang dirancang terdiri dari dua jenis yaitu media utama yang berbentuk website dan media pendukung yang merupakan media untuk mempromosikan media utama. Model perancangan yang digunakan  adalah model perancangan prosedural yaitu bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk, dengan desain strategi berputar (cyclic strategy). Strategi tersebut menerapkan urutan logis pada tahapan perancangan yang sederhana dan komponen relatif mudah dipahami, hanya kadang suatu tahap perlu diulang kembali untuk menampung umpan balik  (feed back) sebelum tahap selanjutnya dilaksanakan (Sarwono dan Lubis, 2007:28).

Media promosi yang dirancang dan didesain harus sesuai dengan strategi promosi yang sudah dipilih. Hasil perancangan dan desain adalah paduan media yang berupa: website PT. Radjawali Aero Service (sarana personal selling), baliho dan stiker mobil (sarana advertising), X-Banner (sarana sales promotion), dan company profile catalouge (sarana direct marketing dan public relation).

Kesimpulan, perancangan desain web dan media pendukung ini secara khusus dapat menjadi sarana promosi yang efektif bagi PT. Radjawali Aero Service, dan secara umum dapat menjadi acuan desain bagi perusahaan lain yang sejenis.