DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 Dalam Meningkatkan Mutu Manajemen Sekolah: Studi Multikasus di SMAK Santo Albertus Malang dan SMP Negeri 1 Malang. (Tesis)

Myriam Juniati

Abstrak


Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 merupakan penataan manajemen sekolah untuk menciptakan suatu sistem organisasi dan budaya sekolah yang kondusif untuk membangun komitmen tumbuhnya mutu manajemen sekolah sebagai penjamin mutu. Untuk itu lembaga pendidikan perlu menyiapkan kerangka sistem mutu lembaganya ke arah yang diinginkan sesuai dengan sasaran atau tujuan akhir yang mampu mencapai kesesuaian dengan keinginan yang diharapkan dari pelanggan atau mitra kerja sekolah tersebut. Munculnya pendidikan asing di kota-kota besar Indonesia sangat pandai mengemas pendidikan persekolahnya dengan kualitas, kompetensi, keunggulan, kompetitif dan profesionalitas. Lembaga-lembaga pendidikan mengupayakan memiliki mutu bertaraf nasional bahkan internasional agar mampu bersaing dengan lembaga-lembaga pendidikan asing yang mulai berkembang pesat. Salah satu upaya yang secepatnya ditangani oleh para penyelenggara pendidikan persekolahan adalah perlu adanya transformasi dan inovasi sistem manajemen kelembagaan persekolahan dengan menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000.

Fokus penelitian ini adalah implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 dalam meningkatkan mutu manajemen sekolah dengan rincian fokus:

(1) proses implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 dan (2) proses mempertahankan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000.

Lokasi penelitian ini di SMAK Santo Albertus Malang dan SMP Negeri 1 Malang yang merupakan sekolah memiliki sejarah panjang didirikan sebelum kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, memiliki karakteristik budaya sekolah yang berandil besar dalam membentuk pribadi peserta didik, aneka prestasi di bidang akademik dan non akademik diraih, dan bersertifikat ISO 9001:2000. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multikasus, karena dua kasus penelitian dengan latar yang berbeda. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan tiga cara, yakni: (1) wawancara mendalam, (2) observasi berperan serta pasif, (3) studi dokumentasi. Pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan alur (a) reduksi data, (b) penyajian data, (c) penarikan kesimpulan, (d) analisis data kasus individu, (e) analisis data lintas kasus. Agar memperoleh keabsahan data dilakukan dengan empat kriteria: (1) kredibilitas, (2) transferbilitas, (3) dependabilitas, dan (4) konfirmabilitas.

Dari hasil paparan data penelitian di lapangan ditemukan sebagai berikut: Kasus SMAK Santo Albertus Malang dan SMP Negeri 1 Malang merupakan sekolah mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 dengan urutan fokus: Pertama, proses implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, yaitu: (1) latar belakang implementasi sistem manajemen mutu mutu ISO 9001:2000; (2) persiapan implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000; (3) proses implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000; (4) tindak lanjut implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000. Kedua, proses mempertahankan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, yaitu: (1) manfaat implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000; (2) proses mempertahankan sistem manajem mutu ISO 9001:2000.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan secara umum Implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 di sekolah merupakan penataan manajemen sekolah untuk menciptakan suatu sistem organisasi dan budaya sekolah yang kondusif untuk membangun komitmen tumbuhnya mutu manajemen sekolah sebagai penjamin mutu. Sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 bila dilaksanakan dengan konsisten akan memperoleh manfaat-manfaat bagi sekolah antara lain seperti : (1) menentukan secara jelas tanggung jawab dan wewenang dari personel kunci; (2) mendokumentasikan prosedur secara baik; (3) menerapkan sistem dokumentasi yang efektif; (4) meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan; (5) meningkatkan citra dan daya saing organisasi; (6) memberikan kepada seluruh warga metode pelatihan yang sistematis melalui prosedur mutu dan instruksi kerja; (7) sebagai alat bagi pimpinan puncak menilai kinerja sumber daya manusia; (8) biaya yang efektif dan efisien; (9) sebagai sarana bekerja dengan benar dan terkendali di setiap waktu; (10) sistem manajemen dengan kinerja optimal karena adanya sistem PDCA (Plan, Do, Check, Act) yang mengendalikan mutu pelayanan secara sistematis. Manfaat implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 akan terlihat dengan data dan informasi yang terekam dan selalu terpantau serta diinformasikan kepada seluruh warga terhadap perkembangan kinerja organisasi baik yang telah mencapai sasaran mutu maupun yang belum. Sehingga dengan mengimplementasikan sistem manajeman mutu ISO 9001:2000 mampu meningkatkan mutu manajemen sekolah. Berdasar pada kesimpulan tersebut, maka dapat dirumuskan saran-saran sebagai berikut: perlunya komitmen dari pimpinan puncak/ Top Management dalam implementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 untuk meningkatkan mutu manajemen sekolah, sehingga mendatangkan kepuasan pelanggan bagi stakeholders dan melibatkan semua warga mengikuti sosialisasi manajemen mutu ISO secara terus-menerus, terlibat aktif dalam implementasi ISO sesuai klausul ISO yang tercantum dalam dokumen ISO.

 

Abstract:

Key words: the implementation of ISO 9001:2000 quality management system, increasing, management school quality.

            The implementation of ISO 9001: 2000 quality management system is a school management that is used to create an organizational system and a conducive school culture to build the growing commitment of school management as a guarantor of quality assurance. Therefore, educational institutions need to prepare the skeleton of their quality system to the desired direction in accordance with the final goal that can achieve conformance with the expected desire of a customer or school partners. The occurance of international based education in big cities in Indonesia that repacking the education with quality, competence, excellence, competitiveness, and professionalism. Educational institutions try hard to have national even international-standard quality in order to compete with foreign educational institutions which begin to grow rapidly. One of the efforts which is handled by the organizers of the school is the need of transformation and innovation management system of institutional schooling by implementing ISO 9001:2000 quality management system.

            The focus of this research is the implementation of ISO 9001:2000 quality management system in increasing the quality of the school management system with the details as follows (1) the process of implementing ISO 9001: 2000 quality management system and (2) the process of maintaining ISO 9001: 2000 quality management system.

            The research is done in SMAK Santo Albertus and SMPN 1 Malang which have long history that were built before the Indonesian independence, have cultural characteristics that affect the learners, have many achievements in academic and non-academic, and ISO 9001: 2000 sertified . This is qualitatif research with multi-case design, because there are two different background cases. The data collection technique done in three ways: (1) interview, (2) passive observation, (3) documentation study. Snowball sampling technique is used in choosing the research informants. The collected data is analyzed descriptively with (a) data reduction, (b) data presentation, (c) drawing conclusion, (d) individual case data analysis, and (e) cross-case data analysis. There are four criteria that were done to check the validity of the data: (1) credibility, (2) transferbility, (3) dependabity and (4) confirmability.

            The result of this research showed that SMAK Santo Albertus and SMPN 1 Malang are schools that implement ISO 9001: 2000 quality management system with these details: Firstly, the implementation process of ISO 9001: 2000 quality management system as follows: (1) the background, (2) the preparation, (3) the process, and (4) the follow up of the implementation of ISO 9001: 2000 quality management system. Secondly, the process of maintaining ISO 9001: 2000 quality management system as follows: (1) the use of the implementation of ISO 9001: 2000 quality system and (2) the process of maintaining ISO 9001:2000 quality management system.

            Based on the result of the research, we can draw a general conclusion that the implementation of ISO 9001: 2000 quality management system at schools is arranging school management to create an organizational system and a conducive school culture to build the growing commitment of school management as a guarantor of quality assurance. If ISO 9001: 2000 quality management system is done appropriately, schools will get these benefits: (1) deciding the responsibility clearly and the authority of key person, (2) documenting the procedures well, (3) applying an effective documentation system, (4) increasing the customers' trust and satisfaction, (5) increasing the organization competitiveness, (6) giving a systematically training method through quality procedures and instructions, (7) as a tool for supervisors to assess human resources, (8) effective and efficient cost, (9) as a tool for working properly and controlled , (10) management system with optimum performance because of the PDCA (Plan, Do, Check, Act) systematically controlling the quality of service. The benefits of the implementation of ISO 9001: 2000 quality management system will be seen from the recorded data and information and always been observed and informed to the whole society on the development of good organizational performance that have reached and have not reached the quality objectives. So that, implementing ISO 9001: 2000 is able to increase the school management system. In accordance with the conclusion, so it can be drawn these suggestions: the importance of commitment of top management in implementing ISO 9001: 2000 quality management system to increase the schools management quality, so the satisfaction of the customers can be achieved for the stakeholders and involving all people following the ISO quality management socialization continuously, actively involve in implementing ISO based on ISO points that stated in ISO document.