DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peranan Kepala Sekolah dalam Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Sekolah Alam. (Studi Kasus SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya).

Eve Readety

Abstrak


Sekolah Alam merupakan salah satu sekolah alternatif yang muncul dari adanya fenomena MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). Konsep sekolah alam ini yaitu memberikan pembelajaran pada anak sesuai dengan alamnya anak atau sesuai dengan perkembangan psikologi anak. Manajemen sekolah yang baik sangat penting untuk meningkatkan mutu sekolah dan menghasilkan output pendidikan yang baik. Manajemen sekolah tidak lain berarti pendayagunaan dan penggunaan sumber daya yang ada dan yang dapat diadakan secara efisien dan efektif untuk mencapai visi dan misi sekolah. Kepala sekolah berada di garda terdepan dan dapat diukur keberhasilannya. Dengan demikian kepala sekolah mempunyai peran yang sangat dominan dalam manajemen sekolah ini. Atas dasar itulah penelitian ini difokuskan pada peranan kepala sekolah dalam arti luas  yaitu peran kepala sekolah dalam manajemen kurikulum dan pembelajaran sekolah alam. Tujuan penelitian untuk: (1) mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam perencanaan kurikulum dan pembelajaran di SD SAIMS; (2) mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum dan pembelajaran di SD SAIMS; (3) mendeskripsikan peran Kepala Sekolah dalam evaluasi kurikulum dan pembelajaran SD SAIMS. 

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus observasional yang berkenaan dengan peranan kepala sekolah dan studi kasus tunggal terpancang memusatkan pada kasus yang telah ditetapkan sesuai dengan focus penelitian yang telah dirumuskan. Dengan teknik purposif akhirnya ditetapkan sample yang menjadi sumber data adalah: (1) kepala sekolah; (2) waka sarpras dan humas; (3) waka kesiswaan; (4) guru; (5) administrasi; dan (6)siswa.

 

Teknik pengumpulan data yaitu: (1) wawancara mendalam (indepth interviewing); (2) observasi partisipan (participant observation); dan (3) studi dokumentasi (study of documents). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data agar memperoleh temuan penelitian yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya dengan menggunakan teknik pengujian sebagai berikut: (1) kredibilitas; (2) dependabilitas; (3) konfirmabilitas. Kredibilitas merupakan kriteria untuk memenuhi nilai kebenaran dari data dan informasi yang dikumpulkan untuk memperoleh data yang valid dapat ditempuh teknik pengecekan data melalui: (1) pengamatan yang terus menerus; (2) trianggulasi; (3) pengecekan anggota; (4) diskusi teman sejawat; (5) pengecekan atas kecukupan referensi.

Dari hasil paparan data di lapangan bahwa SD SAIMS merupakan sekolah alternatif yang mempunyai beberapa karakteristik yang membedakan SAIMS dengan sekolah-sekolah konvensional lainnya. Beberapa karakteristik tersebut dapat dilihat melalui: (1) sarana dan prasarana; (2) kinerja kepala sekolah; (3) kinerja tenaga kependidikan; (4) konsep kurikulum dan pembelajaran; (5) implementasi kurikulum dan pembelajaran; dan (6) evaluasi belajar. Sementara untuk temuan penelitian di lapangan bahwa manajemen kurikulum dan pembelajaran di SD SAIMS ini sangat memprioritaskan peran kepala sekolah dalam: (1) perencanaan kurikulum dan pembelajaran SD SAIMS; (2) implementasi kurikulum dan pembelajaran SD SAIMS; (3) evaluasi kurikulum dan pembelajaran SD SAIMS. Dalam perencanaan kurikulum dan pembelajaran, kepala sekolah SD SAIMS menjalankan perannya yaitu: (1) sebagai manajer merumuskan program tujuan dan tindakan; (2) sebagai pemimpin juga sebagai motivator sekaligus supervisor; (3) sebagai pemimpin juga sebagai penghubung (liasion) antara kepentingan sekolah dengan orang tua siswa; (4) sebagai manajer menyelenggarakan manajemen pengajaran; (5) sebagai pemimpin melakukan koordinasi untuk mengatur pembagian tugas terhadap semua staff. Untuk implementasi kurikulum dan pembelajaran, kepala sekolah SD SAIMS menjalankan perannya yaitu: (1) sebagai pemimpin memberikan kepercayaan dengan mendelegasikan tugas; (2) sebagai pemimpin juga sebagai motivator, memotivasi seluruh tenaga kependidikan untuk melaksanakan tugasnya masing-masing; (3) sebagai pemimpin juga sebagai monitor melakukan pengamatan kelas; (4) sebagai pemimpin juga sebagai supervisor; (5) sebagai pemimpin mengendalikan situasi apabila ada permasalahan selama proses pelaksanaan belajar mengajar. Sementara itu, dalam evaluasi kurikulum dan pembelajaran, kepala sekolah SD SAIMS menjalankan perannya yaitu; (1) sebagai pemimpin juga sebagai koordinator; (2) sebagai seorang staf melakukan konsultasi dengan atasan dan meminta pertimbangan dalam proses evaluasi kurikulum dan pembelajaran; (3) sebagai pemimpin menyebarluaskan informasi yang telah diperoleh dari hasil konsultasi dengan tim konsultan kepada para guru; (4) sebagai decision maker; (5) sebagai pendidik, melakukan pemberdayaan guru.

Berdasarkan kesimpulan tersebut peneliti menyampaikan beberapa saran: (1) Kepala sekolah hendaknya juga memperhatikan kinerja guru dan staf khususnya dalam pendokumentasian daftar prestasi siswa yang nantinya bisa dipublikasikan ke masyarakat sebagai bagian dari output yang bisa dibanggakan; (2) Bagi para pelaku pendidikan dan masyarakat dapat menggunakan tesis ini sebagai referensi untuk menambah wawasan tentang peran kepala sekolah dalam manajemen kurikulum dan pembelajaran sekolah alam; (3) Bagi sekolah yang belum atau sudah menerapkan konsep sekolah alam dapat menjadikan tesis ini sebagai salah satu referensi mengenai peran kepala sekolah dalam manajemen kurikulum dan pembelajaran sekolah alam; (4) Selain mengandalkan yayasan dalam usaha penyediaan saran dan prasarana baik itu dalam bentuk materi atau non-materi, diharapkan sekolah dapat menjalin kemitraan dengan dunia bisnis, kelompok masyarakat sekitar untuk memperkuat dukungan pencapaian tujuan sekolah. Dengan demikian, kepala sekolah diusahakan untuk lebih aktif untuk mencari peluang kerja sama dengan pihak-pihak luar ini; (5) Bagi peneliti lain yang berminat untuk meneliti peran kepala sekolah dalam manajemen kurikulum dan pembelajaran sekolah alam agar dapat menambahkan fokus penelitian bagaimana peran kepala sekolah alam dalam menyesuaikan pola ujian sekolah dengan ujian nasional yang sampai saat ini masih menjadi kendala khususnya bagi SAIMS.