DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Sumbersari 1 Malang

yenny fardilla

Abstrak


ABSTRAK

 

Fardilla, Yenny. 2019. Penerapan Model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas V  di SDN Sumbersari 1 Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., (2) Dr. I Made Suardana, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Modified Find Someone Who, Quiz-Quiz Trade, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas V SDN Sumbersari 1 Malang, ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran, diantaranya: (1) ketika guru menjelaskan materi dan memberikan instruksi 15 dari 32 orang siswa tidak mendengarkan guru dengan baik, (2) siswa masih kurang aktif saat kegiatan kelompok, hanya 3 dari 7 orang siswa dalam kelompok aktif berdiskusi dan mengerjakan tugas kelompok, 4 dari 7 orang siswa lainnya tidak ikut membantu dan hanya menunggu jawaban, (3) pada saat presentasi, siswa merasa gugup dan takut karena materi pelajaran yang dianggap sulit, (4) siswa juga tidak mendengarkan saat kelompok lain melakukan presentasi, siswa sibuk melakukan kegiatan lain seperti berbicara atau bercanda dengan teman di sampingnya, (5) pemanfaatan model pembelajaran kurang bervariasi, (6) hasil belajar siswa pada muatan mata pelajaran IPS semester 1 masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menerapkan model pembelajaran Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade di kelas V, (2) meningkatkan keterampilan sosial siswa melalui penerapan model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 32, terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan  dengan cara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar aspek kognitif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade terlaksana  dengan sangat baik dengan persentase pelaksanaan pembelajaran oleh guru 81,4% pada siklus I dan 92,0% pada siklus II, sedangkan oleh siswa sebesar 78,3% pada siklus I dan 90,0% pada siklus II; (2) penerapan model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade dapat meningkatkan keterampilan sosial dengan persentase observasi keterampilan sosial siswa pada siklus I sebesar 76,2% dan meningkat pada siklus II sebesar 84,5%. Sedangkan, persentase angket keterampilan sosial siswa pada siklus I sebesar 81,0%  dan meningkat pada siklus II sebesar 85,2%; (3) penerapan model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade meningkatkan hasil belajar siswa, persentase hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 50,0% meningkat pada  siklus I  sebesar 65,6% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5%.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, simpulan bahwa penerapan model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema VII. Adapun saran yang peneliti berikan yaitu (1) guru dapat menerapkan model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan yang sama dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, (2) guru perlu mempersiapkan kegiatan alternatif jika pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan rencana yang telah disiapkan, (3) pembelajaran dengan model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade dapat dilakukan di luar kelas.