DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Android dan Penggunaannya dalam Belajar Membaca Berbasis Cerita Fabel

nudya kuntum khoirel abidah

Abstrak


Membaca adalah salah satu media untuk mengisi dan membekali pikiran dengan informasi-informasi yang berguna dan untuk meningkatkan perilaku dan etika dengan nilai-nilai yang baik sehingga pembaca membutuhkan sumber yang tepat untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Buku adalah asupan jiwa, wadah budaya dan pemikiran. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam beberapa waktu terakhir, pendidikan dan sarana pendidikan tradisional akan tergantikan. Oleh karena itu, peneliti menemukan bahwa sebagian besar negara maju menyadari pentingnya mengembangkan metode pengajaran dan pembelajaran modern untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari peserta didik. Negara-negara maju yang memiliki pengetahuan maju menggunakan sarana pengajaran dan pembelajaran modern, seperti menggunakan Aplikasi Android.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempersiapkan pengembangan dan penggunaan Aplikasi belajar membaca berdasarkan cerita fabel berbasis Android, dan mendeskripsikan efektivitasnya.

Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi dari sepuluh langkah menjadi enam langkah utama yaitu,

(1)Analisis Kebutuhan,

(2) Perencanaan,

(3) Pengembangan produk,

(4) Validasi ahli materi dan media,

(5) Revisi,

(6) Uji coba Lapangan, dan menghasilkan produk akhir. Sasaran atau objek penelitian ini mahasiswa tahun pertama di kelas D Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Sedangkan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif tentang kelayakan media dan kuantitatif tentang tingkat kevalidan media. Data kualitatif yang didapat dari wawancara dan uji ahli, sedangkan data kuantitatif didapat dari hasil  penyebaran angket pada observasi dan uji lapangan.

Hasil pengembangan ini adalah

(1) Aplikasi belajar membaca berbasis Android, yang terdiri dari halaman petunjuk pemakaian, sepuluh cerita fabel, dalam masing-masing cerita terdapat kosa kata cerita, kata mutiara Bahasa Arab dan pola kalimat serta pertanyaan tentang isi teks dan latihan umum untuk latihan membaca.

(2) Hasil penilaian aplikasi ini menunjukkan bahwa media ini efektif..

Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, disarankan kepada guru dan siswa pebelajar Bahasa Arab untuk memanfaatkan media ini sebagai Media Pembelajaran tambahan untuk keterampilan membaca dengan sebaik-baiknya.