DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

The Effect of Flipped Classroom Model on Indonesian EFL Students' Writing Achievement across Cognitive Styles

Ahsin Fahmi Mubarok

Abstrak


 

Abstrak

Kata Kunci:  cognitive styles, EFL students, flipped classroom, writing achievement

Dewasa ini, penelitian untuk mengetahui efektifitas dari penerapan flipped classroom model banyak dilakukan. Akan tetapi, sebagian besar dari penelitian tersebut hanya berfokus kepada hasil belajar mahasiswa tanpa melihat tipe kognitif mereka. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk menginfestigasi pengaruh dari penerapan flipped classroom model terhadap capaian writing mahasiswa Indonesia lintas tipe kognitif. Penelitian ini melibatkan 58 mahasiswa yang terbagi menjadi dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua group diberikan writing pre-test dan post-test untuk mengetahui nilai rata-rata mereka sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Dari hasil analisis, diketahui bahwa nilai rata-rata siswa dari kelas eksperimen lebih tinggi dan secara statistik signifikan dibandingkan dengan nilai rata-rata dari kelas kontrol (p < 0.016). Penilitian ini juga mengungkap adanya interaksi yang signifikan antara capaian writing mahasiswa dengan tipe kognitif mereka ketika diajar menggunakan model flipped classroom dan kelas tradisional.

Abstract

Keywords: cognitive styles, EFL students, flipped classroom, writing achievement

Recently, there have been a lot of studies examining the effect of the application of flipped classroom model. However, most of the studies focused on students’ achievement without much regard on cognitive styles. This study was aimed to investigate the effect of flipped classroom model on Indonesian EFL students’ writing achievement across cognitive styles (i.e., field dependent and field independent). It involved 58 university students from two intact classes which were divided into experimental and control groups. Both groups were given a pre-test and a post-test to know their writing achievement before and after treatment. The results of the study revealed that the mean score of the students from the experimental group was significantly higher than that of the students from the control group (p < 0.016). This study also uncovered the significantly different interaction of students from each cognitive style.