DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Pelatihan Kesadaran Kesetaraan Gender dengan Media Wayang Golek

Youarti inta Elok

Abstrak


RINGKASAN

Youarti, Inta, Elok. 2019. Pengembangan Panduan Pelatihan Kesadaran Kesetaraan Gender dengan Media Wayang Golek bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tesis. Program Studi S2 Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (1)Dr. Carolina L. Radjah, M.Kes. (2) Dr. Blasius Bolilasan, M.Pd

Kata Kunci : Kesadaran Kesetaraan Gender, Media Wayang Golek

Konflik kekerasan berbasis gender merupakan isu yang tidak boleh lagi dianggap remeh. Peningkatan angka dari isu tersebut telah merambah ke rentang usia belajar yaitu siswa-siswi SMP yang harus segera mendapatkan jalan pemutusan rantai permasalahan. Konselor sebagai profesi yang dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap fenomena dan kenyataan-kenyataan yang terjadi di lapangan berkewajiban untuk memberikan pemahaman akan kesetaraan gender tersebut melalui berbagai macam layanan yang dimiliki sebagai bentuk layanan preventif/ developmental. Namun pada kenyataannya di lapangan, belum ada panduan yang dapat digunakan oleh konselor SMP yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk memberikan layanan tersebut, sehingga layanan yang diberikan masih belum bisa dikatakan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan menghasilkan panduan pengembangan Kesadaran kesetaraan gender dengan media wayang golek bagi konselor yang memberikan layanan untuk siswa SMP

Penelitian ini menggunakan metode model Educational research and development (R & D). Pada pengembangan panduan paket pelatihan kesadaran kesetaraan gender siswa dengan media video wayang golek ini, prosedur dan pengembangan dilakukan sampai pada tahap 6 yakni pada pengembangan format produk awal yang telah diujikan secara teoritis oleh ahli dan praktisi di lapangan untuk mengetahui, apakah produk yang dihasilkan telah teruji standar akseptabilitas. Produk yang dihasilkan adalah DVD pagelaran wayang golek dan panduan pelatihan kesadaran kesetaraan gender. Dan berdasarkan saran dari para ahli, dilakukanlah revisi produk sehingga dapat digunakan di lapangan. Ahli yang menguji validitas panduan dalam pengembangan ini antara lain,

(1) ahli bimbingan konseling,

(2) ahli media pembelajaran, dan

(3) ahli wayang serta dilanjutkan dengan uji calon pengguna yaitu konselor SMP. Prosedur pengembangan panduan paket pelatihan kesadaran kesetaraan gender dilakukan melalui tiga tahap, antara lain: Tahap Pra Pengembangan, Tahap pengembangan dan Tahap pasca pengembangan. Pada tahap ini dilakukan uji coba yang meliputi: a) Uji ahli dan b) Uji coba calon pengguna. Hasil dari uji ahli dan pengguna menunjukkan adanya keberterimaan yang baik.dengan sedikit saran dan masukan dari ahli dan calon pengguna dilakukanlah revisi produk.

Saran pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut untuk para konselor SMP, mengingat tingginya angka kekerasan berbasis gender, panduan dan DVD yang dihasilkan dalam pengembangan ini dapat dimanfaatkan sebagai pedoman dalam membangun kesadaran kesetaraan gender sejak dini.

 Terkait dengan keterbatasan penelitian, produk ini hanya terbatas pada langkah pengembangan yakni sampai prototype, sehingga perlu diuji keterlaksanaannya melalui uji coba kelompok terbatas yang dilanjutkan dengan penelitian yang mengukur keefektifitasannya. Sehingga penggunaannya dapat betul-betul bermanfaat bagi para penggunanya. Selain itu, penggalian nilai-nilai kearifan lokal sejenis juga dapat menjadi celah penelitian lanjutan untuk memperkaya referensi akan media penanaman kesadaran kesetaraan gender