DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Self-Management untuk Mereduksi Gaya Hidup Hedonis Siswa SMA

Jihan Zul Fahmi

Abstrak


Gaya hidup hedonis merupakan gaya hidup berlebihan yang mengutamakan kesenangan dan kenikmatan materi. Fenomena siswa bergaya hidup hedonis seperti, membeli barang mewah atau yang tidak dibutuhkan untuk dipamerkan, sering nongkrong daripada belajar, dan jalan-jalan di mall, sehingga melupakan tugas sebagai siswa. Gaya hidup hedonis siswa SMA disebabkan oleh lingkungan bermain, sosial media serta siswa tidak dapat mengelola dan mengontrol diri dalam berperilaku, oleh sebab itu perlu direduksi menggunakan teknik yang tepat. Salah satu teknik yang dapat digunakan yaitu self-management. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan teknik self-management untuk mereduksi gaya hidup hedonis siswa SMA.

Penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan nonequivalent control group design dilaksanakan di SMAN 8 Malang dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (6 siswa) dengan teknik self-management dan kelompok kontrol (6 siswa) dengan teknik modeling. Instrumen penelitian menggunakan skala gaya hidup hedonis. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik Mann Whitney U Test dan Wilcoxon. Uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan skor pretest dan posttest pada kedua kelompok. Uji Mann Whitney U Test untuk mengetahui keefektifan dan perbedaan skor posttest pada kedua kelompok setelah diberikan perlakuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik self-management efektif untuk mereduksi gaya hidup hedonis siswa SMAN 8 Malang. Uji Wilcoxon kelompok eksperimen diperoleh Asymp. Sig. (1-tailed) 0,014