DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Pelatihan Kesadaran Toleransi Menggunakan Media Wayang Golek Untuk Siswa SMP

Harjianto Feri henri

Abstrak


ABSTRAK

Harjianto, Feri Henri. 2019. PengembanganPanduanPelatihanKesadaranToleransiMenggunakan Media WayangGolekuntukSiswa SMP. Tesis Program StudiBimbingandanKonseling, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. ArbinJanuSetiyowati, (II) Dr. BlasiusBoliLasan, M.Pd.

Kata Kunci: PanduanPelatihan, KesadaranToleransi, WayangGolek

Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan yang berfokuspadapengembanganpanduanpelatihankesadarantoleransidenganmenggunakan media wayanggolekuntuksiswa SMP.Berawaldaritindakkekerasan yang dilakukanolehsiswa yang semakinmeluassehinggadibutuhkansuatulayanan yang mampumencegahdanmengurangitindakkekerasansiswadenganmengimplementasikanteoriGaltungtentangkedamaian yang di terapkanpadaranahpendidikan yang disebutpendidikandamai.Pendidikandamaimemilikitigaaspek yang salahsatunyaadalahaspeksikapyaitutoleransi, dimanaindividusebelumdapatbersikapdanbertindaktoleranharusditanamkankesadaranmengenaitoleransi.Olehkarenaitupenelitiberfokuspadakesadarantoleransisebagaisuatuhal yang perludilatihkandandibuatmenjadisebuahpanduanpelatihan.

            Tujuanmengembangkanprodukkesadarantoleransiiniadalahmenciptakankondisidamaidenganmemanfaatkan media wayanggoleksebagai media untukmenyalurkannilai-nilaitentangpentingnyakesadaranuntukselalubersikapdanbertindaktoleranterhadapperbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sertahakdankewajiban, yang memenuhikriteriaakseptabilitasseuatuproduk yang terdiridarikegunaan, kelayakandanketepatan. Sehinggamempermudahkinerjakonselor di sekolahdalammemberikanlayananpribadi-dansosialkhususnyapadavariabelkesadarantoleransi.

            Penelitianpengembanganinimenggunakan model Borg and Gall (1983) yang telahdimodifikasisesuaidengankebutuhandanketebatasanpenilitidilapangan, yakniterdiridarienamtahapan, antara lain. 1) Studipendahuluan, 2) perencanaan, 3) pembuatanproduk, 4) ujicobaproduk, 5) revisiproduk, dan 6) prototype 1.

Analisis data penilaian yang digunakanpadapenelitianpengembanganinimerupakananalisisdeskriptif.Berdasarkanhasilpenilaiansatuahliwayang, duaahlibimbingandankonseling, satuahli media pelatihan, dansatucalonpengguna, yang semuanyamemberikannilairelatiftinggi (3 dan 4), makadapatditarikkesimpulanbahwaprodukpanduanpelatihankesadarantoleransimenggunakan media wayanggolekuntuksiswa SMP dinyatakanmemenuhikriteriaakseptabilitas.