DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sesi Bantuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Integral pada Mahasiswa Politeknik Negeri Malang

Kristina Widjajanti

Abstrak


ABSTRAK

Kristina Widjajanti, 2010, Sesi Bantuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Integral pada Mahasiswa Politeknik Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M. Sc. dan (II) Prof. Drs. Purwanto, Ph.D.

Kata Kunci: Materi Integral, Sesi Bantuan.

Materi integral mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya pada bidang teknik telekomunikasi. Materi integral adalah materi prasyarat untuk materi berikutnya pada matakuliah matematika di Program Studi Teknik Telekomunikasi yaitu Persamaan Diferensial Biasa, Transformasi Laplace, dan Deret Fourier. Materi integral merupakan pendukung matakuliah lain misalnya Antena dan Propagasi serta Rangkaian Listrik. Oleh sebab itu, penguasaan terhadap materi integral sangat diperlukan. Pada kenyataannya, skor tes materi integral rendah. Waktu perkuliahan sangat terbatas dibandingkan dengan banyaknya materi yang harus dipelajari sehingga tidak banyak soal yang dapat dibahas di kelas. Sistem pendidikan politeknik tidak memungkinkan mahasiswa mengulang satu matakuliah pada semester berikutnya apabila ada nilai matakuliah yang kurang. Ini merupakan tantangan bagi pengajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika. 

Sesi bantuan adalah sesi tambahan diluar jam matakuliah matematika untuk pendalaman materi dengan kegiatan mengerjakan latihan soal. Bantuan yang dimaksud adalah bimbingan pendalaman materi dengan kegiatan pembahasan penyelesaian soal dan pemberian tugas individu, sehingga kegiatan sesi bantuan melibatkan peran mahasiswa secara aktif selama proses pembelajaran. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa tingkat pertama Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang tahun ajaran 2009/2010. Pertanyaan penelitian adalah: (1) bagaimana langkah-langkah sesi bantuan dalam pembelajaran materi integral?, (2) apakah sesi bantuan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi integral?, dan (3) bagaimana respon mahasiswa terhadap sesi bantuan? Tujuan penelitian sejalan dengan pertanyaan penelitian yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah sesi bantuan dalam pembelajaran materi integral, (2) mengetahui apakah sesi bantuan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi integral, dan (3) mengetahui respon mahasiswa terhadap sesi bantuan.

Langkah-langkah bimbingan berpijak pada 5 tahap bimbingan menurut Graesser & Person (1994) yaitu: a) pembimbing memberikan pertanyaan (atau menyediakan soal untuk dikerjakan peserta didik), b) peserta didik menjawab pertanyaan (jawaban sementara), c) pembimbing memberikan masukan atau komentar terhadap jawaban yang diberikan, d) pembimbing dan peserta didik berkolaborasi meningkatkan kualitas jawaban, dan e) pembimbing mengecek pemahaman peserta didik.

Banyaknya mahasiswa yang mendapatkan skor tes hasil belajar integral paling sedikit 60 (skala 0-100) pada Tindakan I adalah 82,61% dan pada Tindakan II adalah 86,96% yang artinya meningkat jika dibandingkan dengan tes hasil belajar integral sebelum mendapat sesi bantuan. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar materi integral dengan sesi bantuan adalah meningkat.

Dari hasil angket untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap sesi bantuan adalah 3,12 termasuk pada kategori sangat positif dan dari hasil wawancara, keempat subjek wawancara setuju diberikan sesi bantuan. Dapat disimpulkan bahwa respon mahasiswa terhadap sesi bantuan memenuhi kriteria baik.