DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Konseling Realita dalam Memantapkan Pilihan Karir Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling

ahmad yusron

Abstrak


Career choice is a psychological decision made by an individual in determining work or study in accordance with the

employment that matches the academic competence possessed. To be able to select and plan appropriately career, a

career that includes the necessary maturity, self-knowledge, knowledge of the job, and the ability to plan for the

expected step towards a career. The purpose of this study was to determine the effectiveness of counseling Reality in

establishing a student's career choice. The study design used was a quasi experiment. This study was conducted with

one group pre test and post test design. The subject of this study is 7 student guidance and counseling force in 2013

which has a score lower stability of career choice. Collecting data using a closed questionnaire. To test the hypothesis

used paired sample T_tes, because the data in this study is an ordinal scale data with correlated samples. From the

results of this study concluded that there are differences in stability scores student career choice at the time before the

treatment they receive counseling Reality low score and after the administration of Reality Counseling treatment they

get a high score. This can be evidenced by the results of the analysis using the T test is known in the statutes p = 0.000

t_tabel = 2.447, it can be inferred H_0 H_1 rejected and accepted. Thus this hypothesis

can be accepted, it means Reality Counselling effectively used in establishing a career choice.

Keywords: Reality Counseling, Career Choices

Pilihan karir adalah keputusan psikologis yang dibuat oleh seorang individu dalam menentukan bekerja atau belajar sesuai dengan

pekerjaan yang cocok dengan kompetensi akademik yang dimiliki. Untuk dapat memilih dan merencanakan karir secara tepat,

diperlukan kematangan karir yang mencakup pengetahuan diri, pengetahuan tentang pekerjaan, dan kemampuan untuk

merencanakan langkah yang diharapkan menuju karir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas konseling

realita dalam membangun pilihan karir siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan

dengan satu kelompok desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah 7 mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan

tahun 2013 yang memiliki stabilitas skor lebih rendah pada pilihan karir. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup.

Untuk menguji hipotesis digunakan paired t-test, karena data dalam penelitian ini adalah data berskala ordinal dengan sampel

berkorelasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dalam pilihan karir skor stabilitas siswa pada saat

sebelum diberikan konseling Realita memiliki skor rendah dan setelah pemberian perlakuan Konseling Realita didapatkan skor

tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan uji T diketahui dalam p = 0,000

t_tabel = 2,447, dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hipotesis ini dapat diterima, artinya Konseling

Realita efektif digunakan dalam membangun pilihan karir.

Kata kunci: Konseling Realita, Pilihan Karir