DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Pelatihan Kesadaran Respek Menggunakan Media Wayang Golek Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

dita nadhila putri gurusinga

Abstrak


RINGKASAN

Gurusinga, DitaNadhilaPutri. 2019. PengembanganPanduanPelatihanKesadaranRespekMenggunakan Media WayangGolekuntukSiswaSekolahMenengahPertama. Tesis.Program Studi MagisterBimbingandanKonseling, FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeri Malang.

Pembimbing: (1) Dr. HennyIndreswari, M.Pd., (2) Dr. M. Ramli, M.A.

Kata Kunci: KesadaranRespek, Media WayangGolek

Membinahubunganbaikdenganseseorangmaupunkelompok, pentinguntuksalingmenghormatidanmenghargai.Salingmenghormatidanmenghargaidengansesamapentingditerapkansedaridini.Hal inidisebutdenganrespek.Respekberartimenunjukkanpenghargaanterhadaphargadiri orang lain ataupunhal lain selaindirisendiri(Lickona, 2012). Upayauntukmengembangkanrespek, individuterlebihdahuluharusmengetahuidampak yang terjadiketikadiabertindakataupunsadarsebelummelakukansuatutindakan yang menujukkankurangnyarespek.SiswaSekolahMenengahPertama (SMP) merupakansasaran yang tepatdalammenumbuhkankesadaranrespekdenganmenggunakan media wayanggolek.Nilai-nilaikehidupandalampertunjukanwayanggolekdisampaikanmelaluikarakteratauwataktokohwayang.Padaceritawayang, tiap-tiaptokohnyamerupakanrefleksiataurepresentasidarisikap, watak, dankaraktermanusiasecaraumum.Kebaikandankejahatan, kebatilan, keburukan, kasihsayang, cinta, belanegara, toleransi, dangotong-royongmerupakannilai-nilai yang disampaikandalamsetiappertunjukanwayanggolek(Aizid dalam Sabunga& Budimansyah, 2016).Dalamhalini, wayanggolekdigunakansebagai media untukmenyampaikanindikator-indikatorkesadaranrespekuntuksiswa SMP yang disampaikanmelaluilakonwayanggolek.Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukpanduanpelatihankesadaranrespekmenggunakan media wayanggoleksecarakhususuntuksiswa SMP yang memenuhikriteriakeberterimaanberupakegunan, kelayakan, ketepatan, sertakemenarikanmelaluiujiahlidanujicalonpengguna.

Model penelitiandanpengembanganpadapenelitianinimengacupada model penelitiandanpengembanganResearch and Development yang di populerkanolehBorg & Gall (1983). Model penelitiandanpengembanganiniterdapatsepuluhlangkah.Namunpadapenelitianini,penelitimenggunakan model penelitiandanpengembangan yang diadopsidariBorg & Gall (1983)yang akandilakukansampaipadalangkahkelimadisesuaikandengankebutuhandankondisipenelitiselama proses penelitian, di antaranyapenelitianawaldanpengumpulaninformasi, perencanaan, pengembanganprodukawal, ujicobaprodukawal, danrevisiprodukawal. Teknikanalisis data padapenelitianinimenggunakaninter-rater agreement modeluntukmengetahuikesepakatan.Ujicobaprodukdilakukanolehsatu orang ahliwayang, satu orang ahlimedipembelajaran, sertadua orang ahli BK dancalonpengguna.

 

Penilaian yang diberikanolehahliwayanggolekdengankriteriaaspekpenilaianketepatandapatdisimpulkanbahwapenilaianahliwayanggolekterhadappanduanpelatihankesadaranrespekmenggunakan media wayanggolekuntuksiswa SMP memenuhikriteriakeberterimaandarisegiketepatannya.Penilaian yang telahdiberikanolehahli media pembelajaranterhadappanduanpelatihankesadaranrespekyaknicukupmenarik.Karenaterdapatbeberapa item yang memperolehnilai 2.Selanjutnyadarinilaitersebutdilakukanperbaikansesuaidengan saran dariahli media pembelajaran.KoefisienpenilaiankeduaahliBKpadaaspekkegunaan, kelayakan, danketepatanproduksebesar 1.Hasilkoefisientersebutjikamengacupada Guilford (dalam Gregory, 2015) masukdalamrentang 0,80