DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Pelatihan Empati dengan Menggunakan Media Wayang Golek untuk Siswa SMP

JASMINE ANISSA SEKAR

Abstrak


RINGKASAN

Jasmine, Annisa Sekar. 2019. Pengembangan Panduan Pelatihan Empati dengan Menggunakan Media Wayang Golek untuk Siswa SMP. Tesis, Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (1) Dr. Henny Indreswari, M.Pd., (2) Dr. Carolina Ligya Radjah, M.Kes

Kata Kunci: Empati, Media Wayang Golek

Penelitian pengembangan panduan pelatihan empati dengan menggunakan media wayang golek untuk siswa SMP, diawali dengan temuan teoritis bahwa rendahnya empati pada seseorang dapat memicu munculnya tindak kekerasan. Tujuan dari penelitian ini adalah Menghasilkan produk berupa panduan pelatihan empati siswa Sekolah Menengah Pertama dengan menggunakan media wayang golek yang sudah teruji akseptabilitasnya yaitu kelayakan, kegunaan, ketepatan dan kemenarikan melalui uji ahli dan uji calon pengguna.

 Individu dengan empati yang rendah akan berpotensi melakukan tindakan yang mengarah pada kekerasan. Ditambahkan dengan berbagai temuan kasus di lingkungan sekolah yang terjadi akibat dari sikap kurang peduli dan tidak memiliki pemahaman terhadap perasaan orang lain. Salah satu hal mendasar yang dapat menjadi langkah awal untuk mencegah tindakan kekerasan adalah dengan menanamkan skor-skor damai dalam pendidikan.

Salah satu aspek pendidikan damai yang dapat ditumbuhkan untuk mencegah kekerasan di sekolah adalah empati. Mengacu pada SKKPD SMP, yaitu siswa SMP dituntut untuk memiliki kematangan emosi dengan tugas perkembangan memahami keragaman ekspresi perasaan diri dan perasaan-perasaan orang lain.  Intervensi yang dapat diberikan berupa layanan preventive developmental dalam bidang bimbingan pribadi sosial. memgembangkan panduan dan juga media untuk menumbuhkan empati pada siswa.

Hal ini juga didasarkan pada adanya kebutuhan dari konselor SMP akan media untuk melaksanakan pelatihan empati. Produk yang dikembangkan terdiri dari dua macam yaitu buku panduan untuk konselor yang dijadikan pedoman dalam memberikan pelatihan empati untuk siswa SMP dan media wayang golek. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian model Borg & Gall (1983) dengan tahap-tahap yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Tahapan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah studi pendahuluan, perencanaan, pembuatan produk awal, validasi produk, perbaikan produk dan produk akhir berupa prototype panduan pelatihan empati dengan menggunakan media wayang golek.

Berdasarkan hasil uji coba produk dari ahli wayang golek, diperoleh hasil penilaian panduan pelatihan empati memenuhi akseptabilitas/diterima berdasarkan kriteria ketepatan, selanjutnya penilaian dari ahli media pembelajaran diperoleh hasil terhadap produk yang dikembangkan yaitu telah memenuhi kriteria keberterimaan dari aspek kemenarikan. Kemudian berdasarkan hasil uji coba pada dua ahli Bimbingan dan Konseling dan dua calon pengguna yaitu konselor, produk berupa panduan pelatihan empati menggunakan media wayang golek untuk siswa SMP telah memenuhi kriteria keberterimaan atau akseptabilitas berdasarkan pada keriteria kegunaan, kelayakan dan ketepatan. Oleh karena itu, produk yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan sebagai salah satu alternatif bagi konselor untuk memfasilitasi layanan BK preventif-developmental untuk siswa SMP dalam mengurangi tindakan kekerasan dengan menumbuhkan empati siswa.

Dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa panduan pelatihan empati dengan menggunakan media wayang golek untuk siswa SMP, yang telah teruji keberterimaan/akseptabilitasnya dari aspek ketepatan, kelayakan, kegunaan dan kemenarikan. Rincian produk yang dihasilkan berupa buku panduan untuk konselor dalam melaksanakan pelatihan empati dan media wayang golek dalam bentuk media audio visual atau video. Terdapat saran bagi peneliti selanjutnya untuk melaksanakan uji kelompok terbatas dengan melaksanakan penelitian tindakan untuk menguji keterlaksanaan produk dan menguji keefektifan produk dengan penelitian eksperimen guna mengetahui keefektifan produk panduan pelatihan empati dengan menggunakan media wayang golek untuk siswa SMP.