DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Konstruksi Aktivitas Berkombur Bermuatan Nilai Kekerabatan Budaya Melayu Sebagai Teknik Konseling Untuk Modifikasi Kecakapan Interpersonal Siswa

Muhammad Khuzairi Batubara

Abstrak


RINGKASAN

Batubara, Muhammad Khuzairi. 2019. KonstruksiAktivitasBerkomburBermuatanNilaiKekerabatanBudayaMelayuSebagaiTeknikKonselingUntukModifikasiKecakapan Interpersonal Siswa. Tesis, JurusanBimbingandanKonseling. Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dr.AdiAtmoko, M.Si. (2) Prof.Dr.AndiMappiare-AT., M.Pd.

 

Kata Kunci: kecakapan interpersonal, teknikkonseling, nilaikekerabatan, aktivitasberkombur.

Penelitianiniberdasarkanbanyaknyakegiatanbudaya yang dapatdimanfaatkan guru BK sekolahsebagaisalahsatuupayamemodifikasikecakapan interpersonal siswa. Salah satunyaialahdenganmengadopsiaktivitasberkomburbudayaMelayupesisirKabupaten Batubara sebagaiteknik yang dapatdigunakandalam proses pelayanankonseling. Banyaknyanilai-nilai yang terdapatdidalamaktivitasberkomburini yang dikelompokkanmenjadinilaikekerabatan.

Fokuspenelitianiniuntukmengungkapkannilai-nilai yang terkandungdalamaktivitasberkombursertamendeskripsikanprosedurpelaksanaanuntukmemodifikasikecakapan interpersonal siswa. Selanjutnyapenelitianinimenghasilkanimplikasiberupapanduanaktivitasberkombursebagaiteknikkonselinguntukmemodifikasikecakapan interpersonal siswa.

Penelitianinimenggunakanmetodekualitatifdeskriptifdenganjenisriset dialog. Penelitianriset dialog ialahpenelitiberupayamengungkapkan proses komunikasiantaradua orang ataulebihdalamsuatukegiatankelompok. Subjek yang menjadikriteriadalampenelitianiniialahindividu yang mampusertaterbiasamelakukanaktivitasini, dapatdiajakbekerjasamadenganbaikbersamapeneliti. Sehingga yang menjadisubjekyaitu:

(1) Anesiswa SMAN 1 MedangDeras;

(2) Avik Guru BK SMAN 1 MedangDeras;

(3) WakUtehyaitusalahsatumasyarakatpesisirpantaiKecamatanMedangDeras;

(4) DarilbudayawanMelayu. Teknikpengumpulan data menggunakanobservaipartisipandanwawancaramendalam. Analisis data denganprosedurmereduksi, penyajiandanpenyimpulan data. Tahapandalampenelitiansebagaiberikut: penetapankonteks, pengamatanlapangan, merumuskanpertanyaanpenelitian, pemburuanmaknaverbalisasidaninteraksi, danketegorisasimaknadariinterpretasi yang didapat.

Hasildaripenelitianiniyaituditemukannilai-nilaiaktivitasberkomburdiantaranya:

(1) keakrabanyaitupadaaktivitasberkombursiswamempererathubunganpersahabatandiataramereka. Denganberkombursesamamerekalebihakrab, karenamerasaberbudaya yang sama;

(2) keterbukaan, dalamaktivitasberkomburketerbukaan orang yang melakukanaktivitasiniakandilakukan. Karenabelajardaripengalamanbahwadalamkegiatantersebutketika orang yang melakukanaktivitasiniterbukadengansemua orang, orang lain akanmendekatinya;

(3) kegembiraan, nilaiinipadaaktivitasberkomburakanmengacupadahal-halpositif yang dapatmeminimalisirkonflikataumasalahdiantaramereka;

(4) bersendagurau, nilaiiniseringdisebuthumorsecarasederhanadidefenisikansesuatu yang lucu. Padaaktivitasberkomburdenganmenggunakanhumordalamsetiappenyampaianinformasiataupunpesanmendapatrespon yang positifdanditerima orang-orang yang mendengarkannya;

(5) kebersamaan, nilaiinimemilikimaknaikatan yang terbentukdikarenkan rasa persaudaraanataupunkekeluargaanmelebihidarisekedarbekerjasamaatauhubunganprofesionalbiasasaja. Sehingga rasa kebersamaanmasyarakatsiswa di Kabupaten Batubara sangatterjagadengantetapmelakukanaktivitasberkombur; dan(6) kepercayaan, dalamaktivitastersebutmenunjukkansetiap orang yang melakukanberkomburdengan rasa percayadiritanpaada rasa maluuntukmenceritakanaktivitassertakehidupannya.

Untuknilai lain yang ditemukandiantaranyayaitu:

(1) kepemimpinan, nilaikepemimpinan yang terkandungdalamaktivitasberkomburyaituuntuk orang yang melakukannya.Yaitu orang yang melakukanaktivitastersebutmulaidariawalsampaiakhirkegiatan paling menguasai forum. Tetapiindividutersebut yang paling disukaidanditungguaksiperkomburannya; dan

(2) Wakutehpadaaktivitasberkomburiniyaitugelar (non-akademis) yang diberikanmasyarakatkarenakeahliannyadalammempraktekkankegiatantersebut.

Nilai-nilaitersebut di reduksimenjadinilaikekerabatan. Nilaikekerabatandalamaktivitasberkomburdigunakansebagaipedomandalammelakukanteknikkonselingdengantujuanuntukmodifikasikecakapan interpersonal siswa. Kecakapan interpersonal meliputbeberapa area yaitu:

(1) memahamidanpercayasatusama yang lainnya,

(2) berkomunikasisecaraakuratsertajelasantarasatudengan yang lainnya,

(3) menerimadanmendukungsatudengan yang lainnya,

(4) menyelesaikankonfliksertamasalahsecarakonstruktif.