DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

implemtasi penguatan pendidikan karakter nilai religius di SD Alam Ar-Rohmah Malang

OCTAVIANI ANNEK A

Abstrak


RINGKASAN

Octaviani, Annek A. 2019.Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Religius di SD Alam Ar-Rohmah Malang. Tesis. Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Furaidah, M.A., (2) Dr. Sri Untari, M.Si

Kata Kunci: Pendidikan karakter, Religius, Sekolah dasar

Era globalisasi selain membawa dampak positif terhadap perkembangan hidup masyarakat juga banyak menimbulkan dampak negatif. Semakin mudahnya mendapatkan informasi tanpa diimbangi dengan kontrol yang tepat pada anak-anak menyebabkan berbagai permasalahan serius. Banyaknya perilaku yang menyimpang seperti tawuran dan bullying semakin meresahkan orang tua dan masyarakat. Sekolah sebagai institusi pendidikan memiliki peran yang penting dalam memperbaiki perilaku peserta didik. Salah satu alternatif yang menjadi pilihan adalah penguatan karakter religius. Penelitian ini bertujuan untuk:

1) . mengetahui perencanaan penguatann pendidikan karakter nilai religius,

2) . Mengetahui implementasi penguatan pendidikan karakter nilai religius dan

3). dampak dari penguatan pendidikan karakter nilai religius terhadap peserta didik.

Peneliti memilih sekolah tersebut karena dari hasil pra observasi yang dilaksanakan oleh peneliti menunjukkan bahwa sekolah SD Alam Ar Rohmah Malang menerapkan program-program yang membentuk karakter peserta didik. Selain itu, sekolah tersebut juga banyak mencetak prestasi dan kejuaraan. Banyaknya prestasi tersebut, ternyata prestasi religius lebih dominan. Oleh sebab itulah peneliti memfokuskan penelitian ini tentang karakter religius. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi non partisipan dilakukan terhadap proses belajar mengajar di kelas tinggi. Sedangkan wawancara dilakukan pada kepala sekolah mengenai kebijakan program pembiasaan yang diberikan kepada siswa.

 Wali kelas yang berperan dalam menerapkan pendidikan karakter religius. Siswa sebagai sasaran program penguatan pendidikan karakter religius. Dan wali murid dalam mendukung program penguatan pendidikan karakter nilai religius. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian berlokasi di SD Alam Ar Rohmah Malang. Pengambilan data dilakukan secara acak pada peserta didik kelas atas dan bawah dengan jumlah informan kunci sebanyak 3 orang. Proses analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yaitu:

1) . Perencanaan pembiasaan atau budaya sekolah yang diterapkan di SD Alam Ar Rohmah yaitu kultum, sholat dhuha, dhuhur dan ashar berjamaah, murojaah, sholat sunnah rawatib, dzikir petang serta halaqoh ba’da Jum’at.

2) . Implementasi program penguatan karakter nilai religius di SD Alam Ar Rohmah sebagian besar dilaksanakan setiap hari secara rutin. Program yang dilaksanakan rutin setiap hari yaitu kultum, sholat dhuha, dhuhur dan ashar berjamaah, morojaah, sholat sunnah rawatib. Sedangkan halaqoh ba’da jum’at dilaksanakan setiap hari Jum’at dan dzikir petang dilaksanakan setiap hari sabtu.

3) . Dampak program pembiasaan pendidikan karakter religius yaitu siswa tidak hanya mampu mengerti serta menjalankan ibadah-ibadah wajib seperti sholat dan membaca Al-Qur’an namun juga memahami tujuan dan mafaat dari setiap kegiatan yang dijalaninya. Siswa lebih rajin dan tepat waktu dalam mejalani ibadah, siswa juga bersikap sopan kepada guru dan orang tua. Lebih jauh lagi peserta didik mampu untuk mengajak orang-orang di sekitarnya untuk beribadah lebih baik dan menjalankan aktivitas sehari-hari sesuai dengan syariat Islam.

Penelitian ini hanya memfokuskan pada lingkungan sekolah saja, oleh sebab itu saran bagi penelitian selanjutnya yaitu dapat dilakukan penelitian lebih lanjut terkait penguatan pendidikan karakter nilai religius di lingkungan keluarga.