DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Mulyorejo 3 Malang

ROMADHINA CHINDY AVILLA

Abstrak


ABSTRAK

Romadhina, Chindy Avilla. 2019. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Mulyorejo 3 Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (II) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika Rudijanto Wahju Wardana, M.A, M.Si.

Kata Kunci: Motivasi belajar, fasilitas belajar, hasil belajar

Proses pembelajaran merupakan kegiatan utama dalam pendidikan untuk memenuhi tujuan pendidikan nasional. Dalam proses pembelajaran terdapat beberapa interaksi yang dapat berlangsung. Interaksi antara pengajar dengan warga belajar diharapkan dapat memberikan dan membangun motivasi. Maksudnya, bagaimana dalam proses interaksi itu pihak pengajar mampu memberikan dan mengembangkan motivasi kepada peserta didik, agar dapat melakukan kegiatan belajar secara optimal. Selain motivasi, fasilitas belajar yang lengkap pada hakekatnya akan mempermudah, mempercepat, dan memperdalam pengertian siswa dalam belajar.

 Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, ditemukan beberapa masalah diantaranya adalah rendahnya motivasi belajar siswa di kelas karena kurangnya penggunaan metode-metode pembelajaran yang menyenangkan dan kurangnya alat peraga serta media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran.

 Dari permasalah tersebut, maka dipilihlah penelitian dengan judul “Hubungan antara Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Mulyorejo 3 Malang”. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Mulyorejo 3 Malang; 2) untuk mengetahui hubungan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Mulyorejo 3 Malang; dan 3) untuk mengetahui hubungan signifikan secara simultan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Mulyorejo 3 Malang.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan teknik analisis regresi ganda. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 62 responden. Instrumen pengumpulan data antara lain menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis varian garis regresi.

Hasil dari penelitan ini ditemukan pertama, terdapat hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar dimana r-hitung jauh lenih besar daripada r-tabel. Kedua, terdapat hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar dimana r-hitung juga jauh lebih besar daripada r-tabel. Ketiga, secara simultan terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar yang termasuk dalam kategori korelasi sangat kuat.