DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peranan Lembaga Kursus Bahasa Inggris dalam Pembangunan Pendidikan Masyarakat Tulungrejo Pare Kediri (Studi Kasus di SMART International Language College)

Ahmad Syarif Hidayatullah

Abstrak


Peranan lembaga pembelajaran adalah suatu usaha dalam proses ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai sebuah bentuk karya nyata dalam sumbangan pembangunan pendidikan (UU No. 20 Tahun 2003). Pendidikan memiliki fungsi yang sangat penting dalam mengembangkan hubungan antara pendidikan dan realitas kehidupan yang mantap dan bermakna dalam kehidupan bermasyarakat, sedangkan peranan pendidikan yang mendasar untuk memanusiakan manusia (Sujdana, 2004).

Pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga kursus dapat memberikan sumbangan pendidikan kepada bangsa sabagai salah satu bentuk pendidikan nonformal (Pasal 13 ayat 1 UU No. 20 Tahun 2003). Pendidikan nonformal dapat berperan sebagai pelengkap (complement) terhadap pendidikan formal, yaitu pendidikan nonformal dapat menyajikan mata pelajaran atau kegiatan belajar yang belum termuat dalam kurikulum pendidikan formal (Sudjana, 2004).

Penyelenggaraan kursus bahasa Inggris adalah suatu upaya untuk membelajarkan peserta didik dalam penguasaan bahasa Inggris (Degeng, 1990). Hal ini mengandung makna bahwa dalam pembelajaran bahasa Inggris terdapat kegiatan memilih, menetapkan, dan mengembangkan metode atau strategi yang optimal untuk mencapai hasil yang diinginkan. Keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris membutuhkan pengetahuan pengejaan, tata bahasa, kosa kata, dan kultur (Bowen dkk, 1985, Finocchiaro & Bonomo, 1973). Upaya lembaga kursus bahasa Inggris adalah untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam penguasaan pengetahuan dan keterampilan bahasa Inggris sehingga dapat menjawab dan merespon lingkungan pengguna jasanya (Krakower, 1985). Penelitian ini menyangkut peranan lembaga kursus bahasa Inggris dalam pembangunan pendidikan masyarakat Tulungrejo Pare. Penelitian ini mengambil lokasi di lembaga kursus bahasa Inggris SMART ILC Tulungrejo Pare Kediri, yang merupakan lembaga kursus bahasa Inggris yang mempunyai ciri khas yang menarik.

Fokus penelitian ini adalah: (1) Peranan lembaga kursus bahasa Inggris dalam pembangunan masyarakat asli Tulungrejo, (2) Peranan lembaga kursus bahasa Inggris dalam pembangunan masyarakat pendatang Tulungrejo, (3) Usaha-usaha Stakeholders dalam menfungsikan peranan lembaga kursus bahasa Inggris dalam pembangunan masyarakat Tulungrejo, (4) Motivasi peserta didik mengikuti kursus di SMART ILC.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: (1) wawancara mendalam, (2)observasi partisipan, (3) teknik dokumentasi. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposif dengan Snowball Sampling. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diatas kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan keabsahannya, data dianalisis dengan cara: (1) reduksi, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data diperoleh temuan-temuan sebagai berikut: pertama, peranan lembaga kursus bahasa Inggris SMART ILC dalam pembangunan pendidikan masyarakat asli Tulungrejo masih minim tetapi mempunyai pengaruh ekonomi. Kedua, peranan lembaga kursus bahasa Inggris SMART ILC dalam pembangunan pendidikan masyarakat pendatang Tulungrejo sangat berfungsi baik karena dapat memenuhi kebutuhan peserta didiknya. Ketiga, usaha-usaha Stakeholders dalam menfungsikan peranan lembaga kursus bahasa Inggris SMART ILC dalam pembangunan pendidikan masyarakat Tulungrejo. Keempat, motivasi peserta didik mengikuti kursus bahasa Inggris di SMART ILC. 

Berdasarkan temuan-temuan penelitian tersebut disarankan agar: (1) melakukan terobosan-terobosan baru yang lebih menarik dan mengena agar lembaga SMART ILC dapat melibatkan masyarakat asli Tulungrejo dalam pembangunan pendidikan khususnya dalam penguasaan pengetahuan dan keterampilan bahasa Inggris, (2) pola pembelajaran, dan iklim belajar bahasa Inggris di SMART ILC hendaknya dapat diujicobakan pada lembaga pembelajaran lain yang berlatang belakang kondisi yang berbeda, agar dapat mengoptimalkan hasil pembelajaran, (3) menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan atau lembaga pendidikan lain dalam usaha untuk mengembangkan baik sistem pembelajaran, sarana maupun prasana agar SMART ILC dapat lebih maju dan dapat meningkatkan pelayanan bagi peserta didik pengguna jasanya, (4) pemerhati pendidikan dan Dinas Pendidikan kiranya dapat memberikan bantuan baik berupa materi maupun inmateri agar lembaga kursus bahasa Inggris SMART ILC dapat mengembangkan dan meningkatkan keberhasilan lembaga yang telah dicapai.