DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi Peminatan Akademik Berbasis Web (SIMIKA-Web) Siswa Madrasah Aliyah di Kota Sidoarjo.

AHLA WULIDA FIRDAUSU

Abstrak


RINGKASAN

Ahla, Wulida Firdausu. 2019. Pengembangan Aplikasi Peminatan Akademik Berbasis Web (SIMIKA-Web) Siswa Madrasah Aliyah di Kota Sidoarjo. Tesis, Progam Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si., (II) Dr.H. IM. Hambali, M.Pd.

Kata kunci: peminatan akademik, SIMIKA-Web, siswa madrasah aliyah

Pemanfaatan teknologi dalam Bimbingan dan Konseling menjadi ukuran akuntabilitas kinerja guru BK pada abad 21. Guru BK dihadapkan dengan administrasi yang cukup banyak sehingga membutuhkan waktu yang cukup panjang dalam pengerjaannya. Dalam hal ini pemanfaatan teknologi tentu sangat berguna untuk efisiensi kerja. Fenomena yang ada dalam penentuan peminatan akademik adalah (1) tidak semua guru BK mampu merumuskan ketujuh komponen peminatan akademik sebagai dasar penilaian penempatan peminatan akademik; (2) pengelolaan penempatan peminatan akademik membutuhkan banyak waktu sehingga mengganggu kinerja satu dengan lainnya. Pengembangan SIMIKA-Web diharapkan dapat membantu kinerja guru BK di satuan pendidikan MA. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi berbasis web untuk menetapkan peminatan akademik di satuan pendidikan MA yang layak, sehingga dapat digunakan dan diterima sebagai aplikasi untuk merekomendasi penempatan peminatan akademik siswa.

Untuk mengembangkan rekomendasi peminatan akademik, diperlukan input data komponen peminatan. Input data dilakukan oleh konselor, siswa, dan orang tua. Konselor menginput nilai raport, nilai ujian nasional, rekomendasi guru BK MTs/SMP, dan hasil tes psikologi. Sedangkan siswa menginput prestasi non-akademik, dan pernyataan minat. Kemudian orang tua menginput data mengenai dukungan dan harapan orang tua. Pada pengisian prestasi non-akademik oleh siswa, terdapat penambahan  hafalan Al-Qur’an sebagai pertimbangan untuk pendukung pada kelompok minat keagamaan.

Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi strategi penelitian pengembangan Borg and Gall. Adapun langkah-langkah yang digunakan peneliti adalah

(1) pengumpulan informasi awal;

(2) perencanaan;

(3) penyususnan produk awal;

(4) uji ahli;

(5) revisi produk awal;

(6) uji coba lapangan;

(7) revisi produk kedua;

(8) uji pelaksanaan lapangan;

(9) revisi produk akhir. Aplikasi dan buku panduan divalidasi oleh dua ahli bidang BK, dan dua ahli bidang aplikasi dan desain dengan menggunakan instrument keberterimaan buku panduan dan aplikasi yang dianalisis menggunakan inter-rater agreement. Kemudian aplikasi dan buku panduan diuji coba lapangan oleh 6 konselor, 8 siswa dan 8 orang tua yang subjeknya diambil dari MA Negeri Sidoarjo dan MA Bilingual Muslimat NU Sidoarjo menggunakan angket keberterimaan buku panduan dan aplikasi yang dianalisis menggunakan analisis data deskriptif.  Setelah itu dilakukan pengukuran tingkat kepuasan pengguna terhadap SIMIKA-Web dengan melibatkan 60 siswa dan 60 orang tua, yang hasilnya dianalisis dengan statistik deskriptif.

Tahap penyusunan produk awal menghasilkan tampilan-tampilan untuk setiap menu pada aplikasi, tampilan input instrument peminatan akademik dan formula penghitungan. Kemudian hasil penyusunan produk awal ini didiskusikan bersama programer. Penyusunan awal pada buku panduan menghasilkan perencanaan yang tentang sasaran pengguna, tujuan, dan isi. Berdasarkan pada hasil validasi dari ahli BK, hasil dari angket yang berisi komponen-komponen penilaian terhadap buku panduan dan aplikasi yang dikembangkan menunjukkan skor inter-rater penilaian ahli BK sebesar 1 yang artinya sangat valid. Sedangkan untuk hasil validasi dari ahli desain dan aplikasi, penilaian terhadap buku panduan dan aplikasi yang dikembangkan menunjukkan skor inter-rater penilaian ahli desain dan aplikasi sebesar 0,89 yang artinya sangat valid. Terdapat perbaikan produk yang dilakukan berdasarkan saran para ahli, yaitu dengan membuat tujuan pada buku panduan menjadi lebih spesifik dan menggunakan kata operasional, menambahkan ringkasan mengenai SIMIKA-Web pada penutup, dan perbaikan pada salah ketik dan penomoran.

Kemudian pada uji coba lapangan untuk mengukur keberterimaan aplikasi dan buku panduan masing-masing mencapai persentase 94,8% untuk penilaian oleh guru BK, 82,1% untuk penilaian siswa, dan 86,2% untuk penilaian orang tua yang jika dikonversikan pada persentase keberterimaan, maka dapat dikategorikan sangat diterima dan tidak ada yang perlu direvisi. Pada hasil pengukuran tingkat kepuasan pengguna terhadap SIMIKA-Web mencapai hasil persentase 84,9% untuk penilaian oleh siswa, dan 86,1% untuk penilaian oleh orang tua yang masing-masing jika dikonversikan pada tingkat kepuasan pengguna, maka dapat dikategorikan sangat puas dan tidak ada revisi untuk produk akhir.

Terdapat beberapa saran berkaitan dengan penggunaan SIMIKA-Web dalam menghasilkan rekomendasi peminatan akademik diantaranya

(1) SIMIKA-Web dapat dioperasikan secara offline dengan cara menggunakan jaringan LAN yang ada pada komputer sekolah;

(2) sekolah dapat mengadakan pertemuan dengan orang tua dan siswa guna memberikan pendampingan dan penjelasan mengenai tata cara penggunaan SIMIKA-Web dengan tujuan tercovernya seluruh latar belakang atau profil orang tua mengenai pengisian data pada SIMIKA-Web. Karena tidak semua orang tua melek teknologi;

(3) pengisian komponen-komponen akademik harus sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnya, sehingga rekomendasi yang diberikan akurat.