DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL FAN-N-PICK DAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BESUKI

Nurgufriani Anita

Abstrak


RINGKASAN

Nurgufriani, Anita. 2017. Peningkatan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Melalui Model Fan-N-Pick dan Inside-Outside Circle pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Besuki. Tesis, Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si, (II) Prof. Dr. Mohammad Zainuddin, M.Pd.

Kata Kunci: fan-n-pick, inside-outside circle, keterampilan sosial, hasil belajar.

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SDN Besuki, permasalahan yang ditemukan yaitu:

(1) guru hanya menggunakan metode ceramah, belum pernah menggunakan model pada saat pembelajarannya,

(2) ada beberapa siswa pada masing-masing kelompok yang hanya mengandalkan temannya yang rajin untuk mengerjakan tugas,

(3) siswa kurang berpartisipasi aktif dalam kegiatan diskusi,

(4) interaksi antar individu maupun kelompok masih tergolong rendah, banyak siswa yang tidak mencermati pada saat ada yang melakukan presentasi di depan kelas dan selalu asyik main sendiri, dan

(5) hasil belajar siswa masih rendah.

Tujuan dari penelitian ini yaitu

1) mendeskripsikan penerapan model Fan-N-Pick untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Besuki,

2) mendeskripsikan penerapan model Inside-Outside Circle  untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Besuki,

3) meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Besuki melalui penerapan model Fan-N-Pick dan Inside-Outside Circle, dan

4) mendeskripsikan bagaimana tanggapan siswa kelas IV SDN 3 Besuki terhadap penerapan model model Fan-N-Pick dan Inside-Outside Circle. Penelitian ini dilaksanakan pada SDN 3 Besuki dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: 1) reduksi data,

2) penyajian data, maupun

3) penarikan kesimpulan.

Hasil analisis data penelitian tindakan yang telah dilaksanakan pada siklus I menunjukkan bahwa (1) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 78,33% dan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa mencapai 72,5%, (2) observasi keterampilan sosial siswa siklus I sebesar 72,12% dan hasil angket keterampilan sosial siswa mencapai 74,96%, dan (3) hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 31,25% meningkat menjadi 51,61% pada siklus I. Data pada siklus I tersebut belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan, sehingga perlu dilaksanakan perbaikan pada tindakan selanjutnya yaitu pada siklus II. Pada siklus II menunjukkan bahwa

(1) hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 89,16% dan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa mencapai 86,66%,

(2) observasi keterampilan sosial siswa siklus II sebesar 86,75%, dan hasil angket keterampilan sosial siswa sebesar 85,41%, dan

(3) hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 86,67%. Peningkatan tersebut didukung dengan pernyataan melalui wawancara langsung kepada siswa, hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa merasa senang dengan penggunaan kartu soal melalui model pembelajaran Fan- N-Pick dan Inside-Outside Circle.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Fan-N-Pick dan Inside-Outside Circle dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diajukan yaitu guru-guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Fan-N-Pick dan Inside-Outside Circle dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran tematik. Selain itu, bagi peneliti lain, hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai acuan penelitian sejenis.