DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMAN 2 SELONG LOMBOK TIMUR

Mukarromah MAR’ATUL

Abstrak


ABSTRAK

Mukarromah, Mar’atul. 2019. Pengaruh Model Challenge Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri 2 Selong Lombok Timur. Tesis. Jurusan Pendidikan Geografi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos (2) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si

Kata Kunci: Challenge Based Learning Model, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif

Pembelajaran abad ke 21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran konvensional yang digunakan oleh guru tidak mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa perlu diterapkan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif mengkonstruksi pengetahuannya. Adapun model challenge based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model challenge based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA; pengaruh model challenge based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Adapun jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretest dan posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Selong, dengan subyek penelitian yang terdiri dari kelas X IIS-2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IIS-3 sebagai kelas eksperimen.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan model challenge based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa SMA. Hal tersebut tersbukti dari hasil analisis nilai gain score kemampuan berpikir kritis Independent Sample T-test dengan SPSS 25 for Windows diperoleh nilai signifikansi 0,003