DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Pokok Bahasan Pemanasan Global Dan Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Diri (Self Awareness) Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. (Disertasi)

Amram Rede

Abstrak


Pembelajaran tematik merupakan penerapan pendidikan holistik yang melihat sesuatu masalah dari berbagai sudut pandang keilmuan (multidisipliner). Pemanasan global (global warming) merupakan permasalahan yang kompleks dan penanganannya diharapkan secara holistik. Pembelajaran tematik dipandang sebagai pilihan tepat membelajarkan pemanasan global kepada siswa Sekolah Dasar. Penerapan keilmuan multidisipliner dalam penelitian ini diarahkan pada 7 mata pelajaran meliputi Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, IPS, Penjas-Kes, Seni Budaya dan Keterampilan, serta Bahasa Ingris. Tujuan penelitian adalah mengembangkan perangkat pembelajaran tematik pokok bahasan pemanasan global. Penelitian dibagi dalam 2 tahap, yaitu tahap penelitian pengembangan dan tahap penelitian eksperimen. Penelitian pengembangan meliputi, pengembangan tema dan pengembangan perangkat pembelajaran. Pengembangan tema bertujuan mengembangkan tema sentral pemanasan global menjadi beberapa subtema: tuntutan ekonomi, hutan, kondisi-kondisi lingkungan, emisi gas buangan, udara sehat, kerajinan dari sampah organik, dan kebakaran hutan. Tahapan ini mengadopsi model pengembangan Tarmizi (2008). Selanjutnya subtema yang bersesuai berpasangan dengan mata pelajaran. Setiap mata pelajaran dikembangkan mengacu model pengembangan Kemp (1994) yang telah diadaptasi. Penelitian eksperimen bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran tematik terhadap kesadaran diri (Self Awareness) siswa Sekolah Dasar dalam menyikapi persoalan pemanasan global (Global Warming). Data dikumpulkan menggunakan rubrik berupa asesmen performa. Uji hipotesis menggunakan Anava dengan bantuan program SPSS 16. Sebanyak 118 siswa kelas 5 yang berasal dari 4 SDN terjaring sebagai subjek penelitian. Ke 4 SDN terpilih berasal dari 23 SDN di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang yang menjadi sampel. Sampel pertimbangan (purposive sampling) digunakan dengan alasan ke 4 SDN terpilih berdekatan dengan stasiun Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai sumber belajar pemanasan global. Hasil penelitian menunjukkan, pengimplementasian perangkat pembelajaran tematik berpengaruh sangat nyata terhadap kesadaran diri dengan nilai probability of error (r) 0,00 lebih kecil dari standard error (a) 0,05 yang ditetapkan. Bahkan lebih kecil dari (a) 0,01. Hasil anava hipotesis juga menunjukkan nilai LSD sebesar 72,82. Pengimplementasian perangkat pembelajaran tematik berpotensi meningkatkan kesadaran diri dalam menyikapi permasalahan Global Warming.

Abstract:

Thematic learning is application of holistic education to see some things from different perspectives of the problem. Global warming is a complex problem and the handling expected in holistic conduct. Thematic learning is seen as the right choice to teach global warming for the elementary school students. Application of various viewpoints on this research is intended for seven subjects. Subjects are math, science, Indonesian language, social studies, Health and Sport, Culture and Skills, include English. This research aims to develop thematic learning instrument for the global warming subject. The study was divided into two stages of research instrument develop and research stage of the experiment. The study of instrument develop is covered by theme development and learning tools development. Development of theme purpose to expand of central theme of global warming into several topics, among others, economic demands, forest, environmental conditions, exhaust gas emissions, healthy air, crafts from organic waste, and forest fires. This stage development model adopted by Tarmizi (2008). Further each topics that match paired with the subjects. Each subjects are developed to model development of Kemp (1994), which has been adapted. Experiment aims to investigate the influence of thematic learning for self awareness. The data was collected by using rubric assesment to assess its performance to take score data of self awareness. Test of hypothesis using Anava with SPSS program. A number of 118 fifth grade students from four elementary schools netted as research subjects. Four elementary schools selected come from 23 elementary schools in the district of Malang Regency Karangploso become sample. Purposive sampling was used to close four elementary schools selected as learning resources of stations BMKG to learn global warming. The results showed, implementing thematic learning device has a very significant effect on the value of self-awareness with probability of error (r) 0.00 smaller than the standard error (a) 0.05. Even smaller than the (a) 0.01. Anova results of the hypothesis also indicates the LSD value is 72.82. Implementation of thematic learning instrument has potential increase self-awareness to aware the problems of Global Warming.

 

Keywords: thematic learning, self-awareness, and global warming.