DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial di SDN Bubutan IV Kota Surabaya

laila viving

Abstrak


ABSTRAK

Laila, Viving. 2019. Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial di SDN Bubutan IV Kota Surabaya. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Syamsul Hadi, M. Pd, M.Ed, (2) Dr. Subanji, M.Si

Kata Kunci: pelaksanaan pendidikan literasi finansial, SD

Pendidikan literasi finansial merupakan aktivitas seseorang dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk memahami, mengaplikasikan, dan membuat keputusan guna meningkatkan kesejahteraan finansialnya. Pada observasi awal, sekolah sudah melaksanakan pendidikan literasi finansial pada siswanya, baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah. Subjekpenelitian pelaksanaan pendidikan literasi finansial adalah siswa kelas II dan kelas V SDN Bubutan IV Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan literasi finansial di sekolah dasar, dan untuk mengetahui bagaimana  pembelajaran pendidikan literasi finansial dilihat dari metode pembelajaran dan media pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peran peneliti dalam penelitian yaitu sebagai perancang, mengumpulkan data, menganalisis data serta menyusun laporan penelitian. Peneliti terjun langsung dilapangan untuk mengumpulakan data hingga pelaporan hasil penelitian. Peneliti bertindak sebagai pengamat nonpartisipan dan kehadiran peneliti diketahui oleh narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan kepala sekolah, beberapa guru kelas II dan kelas V, serta siswa untuk meminta informasi terkait fokus penelitian. Peneliti juga melakukan observasi mencakup kondisi pembelajaran di kelas serta rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan finansial.

Hasil penelitian ini menunjukkan

(1) pelaksanaan pendidikan literasi finansial dapat dilaksanakan sesuai dengan kebijakan berupa kegiatan,mengintegrasikan dalam mata pelajaran lain. Pendidikan literasi finansial sudah tercantum dalam kompetensi dasar salah satunya di mata pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan sosial. Pelaksanaan pendidikan literasi finansial juga harus didukung dengan adanya sarana dan pelibatan publik;

(2) Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan literasi finansial dapat memberikan motivasi dan sikap positif siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan produksi serta memotivasi siswa untuk menabung. Guru dapat mengajarkan pendidikan literasi finansial sesuai dengan kompetensi dasar yang sudah ada pada mata pelajaran seperti matematika dan IPS. Guru dapat mengajarkan materi peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat dengan mengenalkan jenis usaha serta melakukan kegiatan membuat sebuah karya dan menjualnya.Guru juga dapat menggunakan berbagai macam metode dan media pembelajaran untuk menjelaskan pendidikan literasi finansial.Metode pembelajaran dapat membantu memahami materi dan siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu memahami konsep pendidikan literasi finansial yang bersifat abstrak menjadi konkret.