DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Biologi Sel Berbasis Ragam Media Berbantuan Matriks Pertanyaan untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Komunikasi (Kajian Lesson Study)

Pramudiyanti - -

Abstrak


RINGKASAN

Pramudiyanti. 2019. Pengembangan Buku Biologi Sel Berbasis Ragam Media Berbantuan Matriks Pertanyaan  Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis, dan  Keterampilan Komunikasi (Kajian Lesson Study), Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)  Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D, (II)  Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti, M.Pd., (III)  Dr. Umie Lestari, M.Si.

Kata Kunci: Pembelajaran Biologi Sel, Buku Ajar, Lesson Study, Matriks Pertanyaan, Keterampilan berpikir kritis.

Kajian ini berdasarkan pada pentingnya mengembangkan keterampilan berpikir dan komunikasi, serta penguasaan konsep bagi mahasiswa dalam pembelajaran Biologi Sel. Mengembangkan keterampilan berpikir membutuhkan stimulus yang tepat dengan cara-cara yang mudah dilakukan oleh mahasiswa.  Stimulus berpikir dapat berbentuk pertanyaan untuk merangsang memori otak dan dapat berbentuk media visual atau audio untuk merangsang indera merekam pengalaman belajar. Media tersebut dapat berbentuk buku ajar yang berisi teks, gambar, dan video, yang dinamakan buku ajar berbasis ragam media. Kegiatan penelitian dilandasi dengan kegiatan Lesson Study untuk memaksimalkan pemberian perlakuan dan meningkatkan daya pegamatan peneliti.

Penelitian ini memusatkan perhatian pada

(1) pengembangan buku ajar Biologi Sel berbasis ragam media,

(2) pengaruh penggunaan buku ajar terhadap penguasaan konsep, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan komunikasi mahasiswa pada pembelajaran Biologi Sel.

Penelitian merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D (Thiagarajan, 1974). Tahapan pengembangan buku ajar meliputi empat tahapan:

(1) tahap pendefinisian (Define),

(2) tahap perancangan (Design),

(3) tahap pengembangan (Develop), dan

(4) tahap penyebaran (Disseminate). Instrumen penelitian untuk uji coba produk buku ajar meliputi:

(1) lembar validasi buku ajar dan perangkat pembelajaran (RPS, SAP, Soal tes penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis

(2) lembar observasi kegiatan belajar mahasiswa,

(3) lembar observasi keterampilan komunikasi lisan,

(4) lembaran rubrik penilaian penguasaan konsep dan  keterampilan berpikir kritis. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dan secara deskriptif.

Hasil penelitian adalah:

(1)  terbentuknya produk buku ajar Biologi Sel berbasis ragam media berbantuan matriks pertanyaan,

(2) ada pengaruh perlakuan buku ajar berbasis ragam media berbantuan matriks berpikir terhadap penguasaan konsep, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan komunikasi mahasiswa. Hasil ini berdasarkan hasil uji statistik berikut: nilai signifikansi  penguasaan konsep 0,00 lebih kecil dari p (0,05) demikian pula untuk keterampilan berpikir kritis dan komunikasi.   Hasil penelitian memberikan solusi  bahwa  produk buku ajar Biologi Sel  mampu memberikan stimulus kepada mahasiswa untuk menguasai konsep, berpikir kritis dan berkomunikasi. Kegiatan Lesson Study memberikan kejelian dan ketepatan menggali informasi kesulitan mahasiswa dalam kegiatan belajar.

 Implikasi hasil penelitian yakni buku ajar berbasis ragam media berbantuan matriks pertanyaan dapat digunakan oleh dosen untuk sumber belajar pada pembelajaran Biologi Sel. Kegiatan Lesson Study dapat digunakan untuk meningkatkan daya observasi kelompok belajar dosen dan dosen model dalam rangka mengetahui kesulitan yang dialami oleh mahasiswa selama belajar.

SUMMARY

Pramudiyanti. 2019. Development of Cell Biology Book Based on Various Media Assisted by Question Matrix to Improve  Mastery Learning, Critical Thinking Skills, and Communication Skills (Lesson Study Studies), Postgraduate of Malang State University. Advisor: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D, (II) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti, M.Pd., (III) Dr. Umie Lestari, M.Sc.

Keywords: Cell Biology Learning, Textbooks, Lesson Study, Question Matrix,    Critical Thinking Skills.

This study is based on the importance of developing thinking and communication skills, as well as understanding concepts for students in learning Cell Biology. Developing thinking skills requires the right stimulus in ways that are easy for students to do. Stimulus thinking can take the form of questions to stimulate brain memory and can be in the form of visual or audio media to stimulate the senses to record learning experiences. The media can be in the form of textbooks containing text, images, and videos, which are called various media-based textbooks. Research activities are based on Lesson Study activities to maximize treatment and increase the researcher's research power. This study focuses on

(1) the development of cell Biology textbooks based on various media,

(2) the effect of using textbooks on conceptual understanding, critical thinking skills, and student communication skills in Cell Biology learning.

Research is a development research using a 4D development model (Thiagarajan, 1974). The stages of developing teaching books include four stages:

 (1) the stage of defining (Define),

 (2) the design stage (Design),

(3) the stage of development (Develop), and

(4) the stage of dissemination (Disseminate). Research instruments for testing teaching book products include:

(1) teaching book validation sheets and learning devices (RPS, SAP, Test questions for understanding concepts and critical thinking skills

(2) observation sheets for student learning activities,

(3) osbervation sheets for oral communication skills ,

(4) assessment rubric sheets for understanding concepts and critical thinking skills. The Data were analyzed statistically and descriptively.

The results of the study are:

(1) the formation of Cell Biology textbook products based on a variety of media assisted question matrix,

(2) there is an effect of various media-based textbook treatment with question matrix on conceptual understanding, critical thinking skills, and student communication skills. These results are based on the results of the following statistical tests: the significance value of concept understanding is 0.00 less than p (0.05) as well as for critical thinking and communication skills. The results of the study provide a solution that the Cell Biology textbook products are able to provide stimulus to students to understand concepts, think critically and communicate. Lesson Study activities provide foresight and accuracy in gathering information on student difficulties in learning activities.