DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII.

andriani susi

Abstrak


Andriani, S. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII. Tesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (1) Drs. Tjang Daniel C, M.Si, Ph.D (2) Dr. Hendro Permadi, M.Si

Kata kunci: Kesalahan, Aritmatika Sosial, Gaya Kognitif.

Belajar matematika merupakan proses berfikir siswa untuk memahami suatu konsep. Belajar matematika tidak hanya untuk memahami konsep yang dipelajari saat itu, tetapi berusaha mencari pengalaman matematika dengan menggunakan konsep dalam penyelesaian masalah. Penyelesaian masalah matematika merupakan kompetensi dasar yang wajib dimiliki oleh siswa, dan prosesnya untuk menentukan suatu solusi dari suatu masalah, Tetapi dalam menyajikan solusi penyelesaian masalah matematis siswa banyak mengalami kesulitan. Kesulitan siswa dalam masalah matematika mengakibatkan terjadi kesalahan dalam proses penyelesainnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Aritmatika Sosial ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian jenis deskriptif. Lokasi penelitian diadakan di MTsN 2 TULUNGAGUNG pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, penentuan subjek penelitian beberapa siswa yang mengalami kesalahan dalam pemecahan masalah bedasarkan gaya kognitif  field dependent dan field independent, yang masing-masing terdiri dari dua siswa.

  hasil analisis dan hasil pembahasan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Jenis – jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek Field Independent dan Field Dependent yaitu mengalami 4 kesalahan dari prosedur Newman yaitu mulai dari kesalahan no

(2) kesalahan memahami soal (comprehension error)

(3) kesalahan transformasi (transformation error)

(4) kesalahan dalam proses (proses skill error)

(5) kesalahan dalam notasi dan penulisan jawaban (encoding error). (2) Jenis kesalahan Field Independent pada S1 soal no

 1 yaitu tidak dapat memahami soal sehingga pada langkah selanjutnya mengakibatkan mengalami kesalahan juga dan untuk soal no 2

S1 mampu memahami soal sampai dengan memilih rumus yang tepat dan melakukan langkah perhitungan tetapi waktu melakukan langkah perhitungan yang terakhir S1 ini mengalami kecerobohan dalam menghitung karena kurang ketelitian tetapi saat diwawancara dia bisa menjawab dan menemukan jawaban akhir dengan benar. Tetapi untuk S2 soal no 1 maupun no 2 dia tidak bisa memahami soal tersebut sehingga mengalami kesalahan pada tahap selanjutnya sampai tidak menemukan jawaban akhir dengan benar. (3) Jenis kesalahan Field Dependent pada S3 pada pengerjaan soal no 1 dia memahami soal yang diberikan mereka juga menuliskan informasi apa yang diketahui meskipun tidak lengkap tetapi pada tahap transformasi dia mengalami kesalahan sehingga pada tahap berikutnya juga mengalami dan tidak dapat menemukan jawaban akhir dengan benar. untuk soal no 2 S3 ini melakukan kesalahan dari memahami soal yang diberikan sehingga pada tahap selanjutnya juga mengalami kesalahan dan tidak dapat menemukan jawaban akhir dengan benar juga. Selanjutnya untuk S4 dalam mengerjakan soal no 1 dia bisa memahami soal yang diberikan dia juga mampu melakukan transformasi menggunakan rumus mana yang tepat tetapi pada proses perhitungan yang terakhir dia melakukan kesalahan yang menyebabkan tidak bisa menemukan jawaban akhir dengan benar. sedangkan pada soal no 2 S4 mengalami kesalahan dalam memahami soal sehingga menyebabkan pada proses selanjutnya S4 juga mengalami kesalahan. (4) Secara umum siswa bergaya kognitif Field Independent dan Field Dependent jenis kesalahannnya sama tetapi beda soal beda jenis kesalahan dari kedua kelompok tersebut. Siswa F1 banyak melakukan kesalahan dalam memahami soal cerita yang agak panjang sedangkan pada siswa FD banyak melakukan kesalahan dalam memahami soal cerita yang pendek

SUMMARY

Andriani, S 2019. Analysis of Students' Errors in Completing Social Arithmetic Questions Judging from the Cognitive Style of Class VII Students. Thesis, Department of Mathematics Education, Postgraduate Program, Malang State University.

Advisor: (1) Drs. Tjang Daniel C, M.Si, Ph.D (2) Dr. Hendro Permadi, M.Si.

Keywords:Mistakes, Social Arithmetic, Cognitive Style

Learning mathematics is a process of thinking students to understand a concept. Learning mathematics is not only to understand the concepts learned at that time, but trying to find mathematical experiences by using concepts in problem solving. Mathematical problem solving is a basic competency that must be possessed by students, and the process for determining a solution to a problem, but in presenting solutions to solving mathematical problems many students experience difficulties. Students' difficulties in mathematical problems result in errors in the process of completion

The purpose of this study was to determine the students' mistakes in solving Social Arithmetic questions in terms of the cognitive style of class VII students. This study uses a qualitative approach and descriptive type research. The research location was held at TULUNGAGUNG 2 MTsN in the even semester of the 2018/2019 academic year. The subjects in this study were grade VII students, determining the research subject of several students who had errors in problem solving based on the field dependent and field independent cognitive styles, each of which consisted of two students.

he results of the analysis and the results of the discussion of this study are as follows: (1) Types of errors made by the subject of the Independent Field and Field Dependent, namely experiencing 4 errors from the Newman procedure, namely from error no (2) errors in understanding the problem (comprehension error) (3) transformation errors (4) process errors (skill error process) (5) errors in the answer notation and writing (encoding error). (2) Type of Field Independent error on S1 number 1 is not able to understand the problem so that in the next step it results in errors as well and for question number 2 S1 is able to understand the problem until by selecting the right formula and doing the calculation steps but the time to do the calculation steps this last S1 experienced carelessness in counting because of lack of accuracy but when interviewed he could answer and find the final answer correctly. But for S2 questions number 1 and number 2 he could not understand the question so that he experienced errors at a later stage until he did not find the final answer correctly. (3) Type of Field Dependent error in S3 on workmanship number 1 he understands the problem given they also write what information is known even though it is incomplete but at the transformation stage he experiences errors so that in the next stage he also experiences and cannot find the final answer correctly . for question number 2 this S3 made a mistake from understanding the questions given so that at the next stage also experienced errors and was unable to find the final answer correctly too. Furthermore, for S4 in working on the number 1 problem, he can understand the questions given, he is also able to transform using the right formula, but in the last calculation process he made a mistake which caused him to be unable to find the final answer correctly. while in question number 2 S4 experienced an error in understanding the problem, causing S4 to also experience errors. (4) In general, students in the cognitive style of the Independent Field and Field Dependent types of errors are the same but different about the different types of errors from the two groups. F1 students make a lot of mistakes in understanding the story problems that are rather long while in FD students they make a lot of mistakes in understanding short story problems.