DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat pembelajaran Himpunan Yang Mendukung Kemampuan Pemecahan Maslaah Berbasis Budaya Toraja

Buah Guna Dharmalko Tumangke, Buah Guna Dharmalko Tumangke

Abstrak


RINGKASAN

Buah Guna Dharmalko Tumangke, 2019. PengembanganPerangkatPembelajaranHimpunan yang Mendukung KemampuanPemecahanMasalahBerbasisBudayaToraja. Tesis. Program StudiS2 Pendidikan Matematika Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto, Ph.D., (II) Dr. H. Makbul Muksar, M.Si.

Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Pemecahan Masalah, Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring.

Pembelajaran matematika merupakan kegiatan belajar yang bertujuan untuk membelajarkan siswa mengenai matematika. Untuk menunjang proses pembelajaran, guru membutuhkan perangkat pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran. Mengembangkan perangkat pembelajaran dapat disesuaikan dengan kondisi sehari-hari, lingkungan, sosial, budaya, dan karakteristis siswa. Penelitianinibertujuan untuk mengembangkan perangkatpembelajaran himpunan yang mendukung kemampuan pemecahan masalah berbasis budaya Toraja

Pembelajaran kontekstual strategi relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferring (REACT) dipilih karena memuat kegiatan-kegiatan yang mengarahkan siswa mengalami, menemukan, memahami, mengaplikasikan konsep, dan bekerja sama. Pada setiap kegiatan REACT berisi kegiatan siswa melakukan proses pemecahan masalah. Proses Pemecahan masalah meliputi: memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali solusi yang telah diperoleh. Pemecahan masalah dirancang untuk mengajar siswa yang kesulitan memahami, menganalisis, memecahkan, dan mengevaluasi masalah himpunan dengan mengembangkan proses dan strategi untuk pemecahan masalah.

Plomp dipilih sebagai model pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap yaitu penelitian awal, pembuatan prototipe dan penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis Budaya Toraja yang mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa. Perangkat pembelajaran disusun dengan kriteria:

(1) valid,

(2) praktis dan

(3) efektif. Kevalidan produk dinilai berdasarkan hasil validasi sedangkan kepraktisan dan keefektifan  produk dinilai dari hasil uji coba. 

Hasil validasi dari dua validator menunjukkan bahwa perangkat dan instrumen memenuhi kriteria valid. Berdasarkan uji coba lapangan pada 31 siswa kelas VII 3 SMPN 1 Tikala, aktivitas guru masuk kategori baik sehingga perangkat pembelajran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi tiga indikator efektifitas yaitu, aktivitas siswa masuk kategori baik, ketuntasan klasikal tercapai, dan respon siswa positif. Dalam hal ini perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif.Penerapan perangkat pembelajaran kontekstual REACT dengan proses pemecahan masalah disetiap tahapannya, memberikan dampak pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa.

SUMMARY

Buah Guna Dharmalko Tumangke, 2019. To Develop of  Set by Learning Devices That Support the Problem-Solving Ability Based on Toraja Culture. Thesis. Masters Degree of Study Program Mathematics Education. The State University of Malang. Advisors (I) Prof. Drs. Purwanto, Ph.D., (II) Dr. H. Makbul Muksar, M.Sc.

Keywords:Development, Learning Devices, Problem Solving, Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring.

Mathematics learning is a learning activity that aims to teach students about mathematics. To support the learning process, the teacher needs learning devices in delivering lesson. To develop learning devices can be use to the daily conditions, environment, social, culture, and student characteristics. However, that learning activities become meaningful to students. This research aims to developed learning devices that will be support students problem solving abilities based on Toraja culture.

Contextual learning strategies by relating, experiencing, applying, cooperating, and transferring, or REACT. REACT mode been selected because they can give students activities to had have experience, find, understand, to apply concepts, and work together. In each REACT activity the students carry out problem solving processes. Problem solving processes: understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan and looking back. Problem solving is designed to teach students who have difficulty understanding, analyzing, solving, and evaluating set problems by developing processes and strategies for problem solving.

Plomp was chosen as developed learning devices model consisting of three stages, that is preliminary research, prototyping stage and assessment phase. Learning devices that will be developed are learning implementation plans (RPP) and student activity sheets (LKS) that support students' problem solving abilities based on Toraja Culture.The develoved devices with criteria:

(1) valid,

(2) practical and

(3) effective. Products’ validity was assessed based on validation results, while products’ practicality and effectiveness were assessed from field testing results.

The Validations results from two validators showed that all devices and instrument satisfied valid criteria. Based on the results of try out on 31 students in class VII 3 SMPN 1 Tikala, teacher activity was classified as good so that the develoved learning devices satisfied practical criteria. The developed Learning devices fulfilled three effectiveness indicators, namely students that classified as good, reached classical completeness achieved, and positive student responses. This meant that the developed learning devices are effective.The develoved learning devices implementations REACT and curry out problem solving processes, gives the impact of increasing problem solving skills in students.