DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dasar Desain Grafis Dengan Srategi Project Based learning Untuk Mendorong Kreativitas Siswa SMK

qomariyah richul

Abstrak


 

 

 

RINGKASAN

Qomariyah, Richul. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dasar Desain Grafis

Dengan Srategi Project Based learning Untuk Mendorong Kreativitas Siswa SMK

. Tesis, Teknologi Pembelajaran, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri

Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd. (II) Dr. Henry Praherdhiono,

S.Si.,M.Pd.

 

Kata Kunci :Perangkat Pembelajaran, Project Based Learning, Window Shopping,

Kreativitas.

Analisis kebutuhan yang dilaksanakan di SMK 2 Krian Sidoarjo kelas X pada

Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis, menunjukkan fenomena masalah sebagai berikut,

(a) proses pembelajaran menggunakan model klasikal dengan metode demonstrasi yang

kurang mampu memenuhi kebutuhan belajar mandiri siswa, (b) kreativitas siswa dalam

pembelajaran dasar desain grafis tergolong masih rendah. Dalam pembuatan suatu proyek

90% produk yang dihasilkan siswa belum sesuai dengan tujuan pembelajaran. Salah satu

upaya untuk menangani permasalahan kreativitas siswa di SMK melalui project based

learning dengan format window shopping, yakni memberikan pengalaman belajar secara

nyata. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran

untuk memenuhi kebutuhan kreativitas siswa dalam membuat desain gambar bitmap.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk perangkat pembelajaran yang

layak, menarik, dan praktis pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis dan mengkaji

keefektifan pembelajaran model Project Based Learning.

Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model

pengembangan Dick, Carey and Carey (2015). Subyek uji coba adalah ahli desain

pembelajaran sebanyak 1 orang, ahli materi sebanyak 1 orang dan audien sebanyak 31

siswa. Instrumen angket ahli desain pembelajaran berupa 28 pernyataan untuk megukur

kevalidan rancangan project based learning dengan format window shopping. Instrumen

angket ahli materi berupa 20 pernyataan untuk mengukur kevalidan materi desain gambar

berbasis raster. Instrumen angket audien berupa 15 pertanyaan untuk mengukur

efektifitas rancangan project based learning dengan format window shopping dan

instrumen angket kreativitas berupa 18 pertanyaan untuk mengukur tingkat kreativitas

siswa. Instrumen tes berupa 20 soal pilihan ganda dan 6 soal uraian untuk mengukur

tingkat efektifitas produk. Data angket dianalisis menggunakan rumus presentase dan

hasil dari pengelolaan data dicocokan dengan kriteria analisis produk. Data tes dianalisis

menggunakan rumus nilai akhir siswa kemudian hasil dari tes dibandingkan dengan acuan

kriteria ketuntasan mininum (KKM).

 

Hasil validasi oleh ahli desain pembelajaran memberikan penilaian untuk desain

pembelajaran 93,33% dan lembar kerja tugas proyek 93,84% dengan kriteria sangat valid,

ahli materi memberikan penilaian 96% dengan kriteria sangat valid, uji coba

perseorangan mengahsilkan penilaian 76% dengan kriteria valid, uji coba kelompok kecil

menghasilkan penilaian 86% dengan kriteria sangat valid, uji coba lapangan

menghasilkan penilaian 89,11% dengan kriteria sangat valid, tes hasil belajar siswa

setelah pelaksanaan pembelajaran menghasilkan penilaian 94% siswa yang memenuhi

KKM dan angket kreativitas menghasilkan penilaian 8 siswa terletak pada skor presentase

81% - 100% termasuk kualifikasi kreativitas yang dimiliki sangat baik dan 23 siswa

terletak pada skor presentase 61% - 80% termasuk kualifikasi kreativitas yang dimiliki

baik. Oleh karena itu, desain pembelajaran ini dapat digunakan guru sebagai alternatif

rancangan pembelajaran dan untuk pengembang selanjutnya diharapkan penelitian ini

bermanfaat sebagai masukan dalam melakukan pengembangan desain pembelajaran

untuk materi yang lain.