DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Buku Ajar Berbasis Penelitian Kanker Payudara Terhadap Pemahaman Konsep Pembelahan Sel dan Keterampilan Argumentasi

muliyana riska

Abstrak


RINGKASAN

Muliyana, Riska. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning

Disertai Buku Ajar Berbasis Penelitian Kanker Payudara Terhadap

Pemahaman Konsep Pembelahan Sel dan Keterampilan Argumentasi.

Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri

Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd, (II) Dra. Dwi

Listyorini, M.Si, D.Sc.

Kata Kunci: buku ajar, kanker payudara, PBL, pemahaman konsep, keterampilan

 argumentasi

Pembelajaran berdasarkan hasil penelitian merupakan sarana yang

menjembatani antara penelitian eksperimental laboratorium dengan praktik

pendidikan, dengan harapan dapat membantu mahasiswa memahami kajian

teoritik serta pengaplikasiannya melalui bahan ajar. Fakta di lapangan bahan ajar

dalam pembelajaran dibangku kuliah selama ini tidak menghubungkan kehidupan

sehari-hari dengan informasi yang diingatnya, serta tidak diberdayakan untuk

melakukan argumentasi ilmiah, sehingga pemahaman konsep rendah. Solusi

untuk mengatasi hal tersebut melalui pengintegrasian model pembelajaran dengan

suatu masalah autentik dalam kehidupan sehari-hari yang mampu

mengoptimalkan pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi melalui

bahan ajar. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut

adalah PBL, sehingga perlu dilakukan pengembangan buku ajar yang dirancang

menggunakan langkah model pembelajaran PBL yang mampu memberikan

pengaruh terhadap pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi agar lebih

optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model PBL disertai

buku ajar berbasis penelitian profil genetik kanker payudara terhadap pemahaman

konsep pembelahan sel dan keterampilan argumentasi.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy eksperiment,

menggunakan buku ajar yang sebelumnya dikembangkan dengan mengacu pada

model ADDIE. Sebelum implement dilakukan uji coba produk melalui tiga tahap,

(1) uji ahli materi, media dan desain pembelajaran, serta praktisi lapangan;

(2) ujicoba kelompok kecil pada mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah; dan

(3) uji lapangan melalui implementasi buku ajar pada real teaching sebagai

penelitian eksperimen. Uji coba perorangan dan kelompok kecil untuk megetahui

kevalidan, kelayakan, dan tanggapan berupa saran untuk revisi buku ajar

sementara uji coba lapangan untuk mengetahui keefektifan buku ajar melalui

implementasi dengan nonrandomized control group pretest-postest design.

Subyek penelitian ini merupakan mahasiswa semester dua yang sedang

menempuh matakuliah biologi sel di IAIN Kudus Jawa Tengah yang terdiri dari

69 mahasiswa tahun ajaran 2018/2019.

Hasil penelitian, terdapat perbedaan kemunculan pemahaman konsep dan

keterampilan argumentasi yang berbeda nyata antara kelas ekperimen dan kelas

kontrol, sehingga buku ajar yang sangat valid dan layak digunakan dengan revisi

kecil berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan keterampilan argumentasi.