DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (RT) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 TAMAN SIDOARJO

saputri reni

Abstrak


RINGKASAN

Saputri, Reni. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (RT) dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Pemahaman Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Joko Sayono M.Pd.M.Hum. (2) Dr. Hj. Endang Sri handayani, S.E., M.Si.Ak

Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pemahaman Sejarah.

Model pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran timbal balik) merupakan pembelajaran yang dirancang melalui empat strategi pembelajaran yaitu menyusun pertanyaan (questioning), memprediksi (prediction), mengklarifikasi atau menjelaskan (clarifying), dan merangkum (summarizing). Model pembelajaran reciprocal teaching sejalan dengan teori konstruktivis yaitu peserta didik mencari pengetahuan sendiri sehingga bisa menjalankan langkah-langkah model pembelajaran reciprocal teaching. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir kelancaran (fluency), kemampuan berpikir fleksibel (fleksibilitas), kemampuan berpikir orisinal (originality), dan kemampuan berpikir elaborasi (elaboration. Pemahaman sejarah Pemahaman sejarah adalah pemahaman yang bisa menguasai dan memahami peristiwa sejarah yang terdiri dari fakta sejarah, konsep sejarah, narasi sejarah.

Penelitian ini tujuan untuk

(1) mendeskripsikan adanya pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman sejarah peserta didik;

(2) mendeskripsikan adanya pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman sejarah peserta didik;

(3) mendeskripsikan adanya pengaruh interaksi model pembelajaran reciprocal teaching dan kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman sejarah peserta didik.

Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan rancangan factorial pretest dan post-test non-equvalent control group desing. Subjek peneliti adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo, tahun ajaran 2018/2019. Jumlah subjek penelitian adalah 55 peserta didik, 27 peserta didik kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas kontrol. Pengumpulan data berdasarkan tes berupa pilihan ganda dan essay untuk mengukur pemahaman sejarah dan kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan Anova Two Way

Hasil penelitian menunjukkan:

(1) ada pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman sejarah peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000;

(2) ada pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman sejarah peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000; dan

(3) ada interaksi model pembelajaran reciprocal teaching dan kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman sejarah peserta didik dengan nilai signifikansi 0,037.